ilustrasi

batampos.co.id  – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Kota Batam tahun ini mendapatkan bantuan sebesar Rp 80 miliar untk program pengentasan kemiskinan.

“Ada banyak program untuk itu (pengentasan kemiskinan). Ada buat pendidikan, keluarga harapan hingga ibu hamil,” kata Kepala Dins-PM Batam, Hasyimah Nyat Kadir, Selasa (6/2).

Ia merinci bantuan sebesar Rp 80 miliar ini terdiri dari Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) untuk 32.493 keluarga penerima manfaat, dimana setiap Kepala Keluarga (KK) mendapatkan bantuan sebesar Rp 110 ribu per bulannya.

Selanjutnya bantuan diberikan warga yang masuk dalam keluarga harapan (PKH) yang terdiri dari biaya pendidikan, hingga ibu yang tengah hamil namun tak mampu untuk membiayai hidup mereka.

“Nilainya berbeda-beda untuk masing-masing jenis bantuan, ” ujarnya.

Berdasarkan data Dinsos PM tahun ini ada sedikitnya 20 ribu penerima bantuan PKH ini. Ia menyebutkan PKH menerima dari Rp 1 juta per KKnya,” terang mantan Kepala Sekolah SDN 007 Sekupang ini.

Ia menambahkan, bantuan juga diberikan untuk warga mengelola Koperasi Usaha Bersama (Kube). Pemerintah memberikan masing-masing Kube modal usaha sebesar Rp 30 juta.

“Ini dikelola bersama, jadi mereka juga bisa usaha mandiri, jadi tidak melulu bergantung kepada pemerintah,” ungkap perempuan yang pernah menjabat Kepala Bidang Pendidikan PAUD Dinas Pendidikan Batam ini.

Lanjutnya, ada dua jenis kube yakni Kube yang bergerak di bidang jasa sebanyak 36 Kube menerima Rp 30 juta, kedua 40 Kube jenis produksi mendapatkan bantuan Rp 20 juta.

“Selain itu, ada juga bantuan buat lansia dan hiba. Lansia setiap tahunnya mendapatkan Rp 3,6 juta. Untuk pencairan masing-masing program ini juga berbeda-beda,” tutupnya.(yui)

Respon Anda?

komentar