Iklan

batampos.co.id – Ketua DPRD kota Batam, Nuryanto mendorong seluruh kantor pelayanan publik di lingkungan Pemko Batam membangun sistem yang baik dalam melayani masyarakat. Salah satunya menerapkan sistem aplikasi secara online yang dinilai mampu mendorong pelayanan menjadi lebih cepat dan murah.

Iklan

“Dari awal kami sudah sarankan, karena saat ini eranya keterbukaan, semua kantor pelayanan publik mesti dimaksimalkan. Online adalah salah satu perangkat untuk mempermudah segalanya,” kata Nuryanto di DPRD Batam, Senin (5/2).

Aplikasi tersebut, menurut Nuryanto, setidaknya sudah bisa digunakan oleh beberapa kota yang telah memiliki konsep smart city, seperti Semarang, Jakarta, dan Surabaya.

“Inikan hanya masalah teknis saja. Kalau semua dionlinekan masyarakat pun akan lebih mudah serta gampang dalam mengakses,” tutur Nuryanto.

Nuryanto menginstruksikan Dinas Komunikasi dan Informasi (Komimfo) Batam untuk segera membangun aplikasi yang bisa mengatur sistem pemerintahan untuk melayani masyarakat.

“Harus dikuatkan komimfonya, karena disanalah nanti pusat informasi yang menyangkut pelayanan publik. Misalnya masyarakat ingin mengakses pariwisata tinggal klik, APBD per OPD, kesehatan, pendidikan dan sebagainya bisa diakses,” papar politisi PDI Perjuangan itu.

Namun demikian, lanjut Nuryanto, DPRD sebagai lembaga eksekutif hanya bisa mendorong. Sementara pelaksanaanya ada di Pemko Batam.

“Makanya dengan spirit MPP (Mall Pelayanan Publik) inilah kita memulai memberikan pelayanan yang cepat, mudah pada masyarakat. Sehingga ke depan, percepatan pelayanan ini mencangkup semua berhubungan dengan pelayanan publik,” paparnya.

Cak Nur (kiri), berbincang saat sidak ke MPP bebrapa waktu lalu.

Kepada Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Batam, Nuryanto berpesan agar sistem aplikasi online ini dimulai dari DPRD. Berapa APBD, anggaran pembangunan dan sebagainya harus disampaikan lebih terbuka kepada masyarakat.

“Masyarakat mau lihat berapa anggaran perencanaan di DPRD, tinggal klik, dan ini sudah diterapkan di Kota Semarang,” jelasnya. (rng)