Iman Wachyudi

batampos.co.id – Fotografer Batam Pos Iman wahyudi menyabet juara I lomba foto tingkat nasional yang digelar Infid, International NGO Forum on Indonesian Development. Tema lomba ini tentang penyandang disabilitas sebagai subjek pembangunan.

“Foto itu memenuhi kriteria,” kata Program Assistant On Inequality Infid, Aura Putri, Rabu (7/2).

Ia mengatakan tujuan digelarnya lomba ini guna meningkatkan perhatian pemerintah dan masyarakat kepada para penyandang disabilitas. Selain itu, dengan lomba foto ini Infid ingin merekam dan memperlihatkan bahwa penyandang disabilitas masih bisa bekerja dan beraktivitas layaknya orang normal.

“Dalam foto (Iman, red) objek yang difoto merupakan penyandang disabilitas. Tapi raut wajahnya tidak menujukan kesedihan. Dia tetap berusaha bekerja menghidupi keluarganya,” tuturnya.

Iman Wahyudi menuturkan, sosok yang difotonya itu adalah Lagalo. Pria berusia 50 tahun itu harus kehilangan kaki kirinya akibat kecelakaan saat masih menjadi mahasiswa. Tapi keadaan ini tidak membuat Lagalo putus asa. Ia tetap berusaha bekerja layaknya orang normal.

Saat orang-orang seperti Lagalo menyerah dan memilih meminta-minta di jalan. Tapi tidak bagi Lagalo.

“Ia bekerja menghidupi dua anaknya, hingga anaknya bisa bekerja. Tidak hanya bekerja sebagai penjahit, Pak Lagalo ini juga membuat cenderamata dari kulit kerang,” tutur Iman.

Kehidupan Lagalo yang menarik, menjadi alasan Iman merekam melalui lensa kameranya.

“Bisa dibilang Pak Lagalo ini pahlawan bagi anak-anaknya. Dengan kondisinya seperti itu, tidak ada kata menyerah dalam kamusnya,” ucapnya.

Atas kemenangannya itu, Iman berhak mendapatkan hadiah kamera miroless Fujifilm X-A3. “Ke depan saya akan terus berkarya,” ungkapnya. (ska)

Respon Anda?

komentar