batampos.co.id – Jalan Ahmad Yani yang menghubungkan Simpang Kabil, Batamcenter-Simpang Panbil dipastikan akan dilebarkan 2019 mendatang. Ini akan mengurai kemacetan yang sering terjadi di ruas jalan tersebut.

“Sudah dipastikan jalan raya ke Panbil akan dilebarkan dan diperbaiki. Ini akan mengurai kemacetan di sana,” kata kepala biro humas dan protokol Pemko Batam Yudi Admaji, Rabu (7/2/2017).

Ia mengatakan, pelebaran jalan ini juga untuk memeperlancar arus orang dan barang dari jalan raya tersebut. Mengingat jalan tersebut selalu ramai digunakan untuk mengangkut barang dari kawasan industri.

“Di sana ada dua kawasan industri besar termasuk kawasan indutri Panbil dan Batamindo. Selain itu dari kawasan Tanjunguncang sering juga menggunakan jalur itu,” katanya.

Terkait anggaran, masih terus dilakukan penghitungan. Tetapi kemungkinan besarannya tidak terlalu jauh dibanding pelebaran jalan protokol lainnya.

“Anggaran itu kan teknis, tapi hampir sam adengan anggaran jalan lain. Tetapi memang pelebaran jalan itu sudah mendesak,” katanya.

Sementara itu anggota komisi III DPRD Kota Batam Werton Panggabean mengapresiasi langkah Pemko Batam yang akan memperbaiki jalan tersebut. Di mana menurutnya, jalan itu memang sudah langganan macet.

“Di situ memang sudah macet, apalagi sering dilalui kendaraan dari kawasan industri,” katanya.

Ia berharap semua jalan raya menuju kawasan industri diperbaiki. Ini untuk melancarkan keluar masuk barang ke kawasan industri.

“Ini juga bentuk dukungan untuk meningkatkan investasi di Batam. Misalnya jalan di Kabil dan di kawasan industri lainnya juga harus diperbaiki,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar