Kondisi jalan Poros saat proses perbaikan tahun 2017 lalu. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Perbaikan jalan Poros yang merupakan jalan utama menuju ke kompolek perkantoran Pemerintah Kabupaten Karimun menjadi prioritas untuk diperbaiki. Hal ini mengingat jalan tersebut belum pernah diperbaiki sejak dibangun pada 2002.

”Memang, sudah tiga tahun berturut-turut Jalan Poros menjadi perhatian Bupati Karimun untuk diperbaiki. Karena, memang kerusakan jalan tersbeut sudah cukup parah. Sehingga, kita melakukan perbaikan tidak bisa sekaligus, karena anggaran terbatas. Apalagi, pada 2016 dan tahun lalu anggaran untuk perbaikan jalan tersbeut berasal dari dana alokasi khusus (DAK),” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karimun, Zulfan, Rabu (7/2).

Begitu juga, kata Zulfan, pada tahun ini biaya untuk memperbaiki Jalan Poros berasal dari dana pusat melalui DAK yang besarnya Rp 14 miliar. Dan, titik jalan yang akan diperbaiki tersebut tidak lagi melanjutkan di depan komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Karimun. Melainkan, di sebelah barat atau tidak jauh dari GOR Badan Perkasa. Sebab, kondisi Jalan Poros yang berada di GOR cukup memprihatinkan kerusakannya.

”Kondisi jalannya sudah turun, banyak lubang dan sudah tidak rata lagi. Untuk itu, dengan anggaran yang kita dapat tahun ini fokus memperbaiki sebelah barat Jalan Poros. Memang tidak panjang perbaikannya, yakni untuk sebelah kiri dan kanan totalnya menjadi 3,6 kilometer. Saat ini, kita sedang mempersiapkan rencana lelang untuk pengawasan dulu. Sedangkan, untuk perencaaan sudah siap,” jelasnya. (san)

Respon Anda?

komentar