Bupati Karimun Aunur Rafiq ketika memasuki lokasi MTQ Kelurahan Sei Raya didampingi oleh Lurah Sei Raya Rasandi Oknadi Gea dan Camat Meral Irwan Dinovri. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq, Selasa (6/2) malam membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kelurahan Sei Raya Kecamatan Meral. Ia mengatakan, baru kali pertama membuka MTQ tingkat kelurahan yang sudah dilaksanakan beberapa pekan lalu dikarenakan aktivitas yang tidak bisa ditunda.

Iklan

“Saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kelurahan Sei Raya yang secara swadaya masyarakat telah berhasil melaksanakan MTQ cukup megah. Dan antusias masyarakat, untuk menyaksikan pembukaan MTQ cukup ramai,” kata Rafiq.

MTQ tingkat Kelurahan ini, bisa menyeleksi qori dan qoriah yang terbaik berasal dari kelurahan untuk mengikuti MTQ tingkat Kecamatan dan selanjutnya. Secara berjenjang hingga tingkat nasional, sebagai perwakilan qori dan qoriah masing-masing daerah. Dimana, mulai kegiatan MTQ sejak bulan Februari untuk tingkat Kelurahan/Desa, kemudian dibulan Maret tingkat Kecamatan dan April tingkat Kabupaten. Yang selanjutnya, akan dilaksanakan MTQ tingkat Provinsi dan Nasional.

“MTQ ini kita laksanakan setiap tahunnya, untuk melahirkan qori dan qoriah yang berkwalitas disetiap jenjang daerah. Dan paling penting adalah bagaimana kita menyiarkan al quran kepada masyarakat,” pesannya.

Sementara itu Lurah Sei Raya Rasandi Oknadi Gea mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat, yang secara gotong royong dan swadaya telah mendukung terselenggarannya pelaksanaan MTQ tingkat Kelurahan Sei Raya ini. Dimana, pelaksanaan tersebut diagendakan selama selama tiga.

“Selain meningkatkan kecintaan kita terhadap al-quran, juga sebagai wadah untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar kita sesama umat muslim,” ujarnya.
Pantauan di lapangan, antusias masyarakat untuk menyaksikan pembukaan MTQ tingkat Kelurahan Sei Raya cukup ramai. Sebelumnya, dilakukan pengukuhan RT dan RW dilingkungan Kelurahan Sei Raya untuk masa kerja selama tiga tahun. (tri)