Iklan
Pegawai Negeri Sipil Pemko Batam meninggalkan lapangan usai mengikuti apel gabungan jajaran Pemko Batam di Dataran Engku Putri Batamcenter, . F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan mulai tahun ini tunjangan Kepala Organisasi Perangkat Daerah ) akan dipotong bila ada pegawainya yang bolos kerja.

Iklan

Makin banyak yang bolos, semakin banyaklah tunjangan kepala dinasnya terpotong,” kata Amsakar di Kantor Wali Kota Batam, kemarin.

Pejabat yang pernah mejabat Kepala Bagian Organisasi Setda Batam ini menyampaikan, pihaknya berkomitmen terus menumbuhkan budaya keorganisasian yang baik dan konstruktif. Soal kebijakan tersebut ia telah sampaikan ke Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

“Dan, Pak Wali setuju,” terangnya.

Menurutnya sistem akan membuat staf akan meningkatkan kinerjanya dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan terus meningkatn fungsi pantaunya pada staf.

“Pimpinan itu pasti tak mau jugakan gara-gara staf, haknya harus terpotong,” ucapnya

Amsakar menyebutkan, staf tersebut akan secara langsung mendapatakn efek dari kebijakan tersebut, Jika sering malasa dan tidak dispilion akan berdampak yang bersangkutan tak akan terpakai di OPD manapun.

“Sering tidak dispilin pasti OPD akan pikir tak mau tampung dia, dia pasti akan malu,” terangnya.

Ia berharap dengan aturan baru ini pegawai akan berlomba-lomba untuk lebih disiplin sehingga tetap dipertahankan pimpinan. Terkait kedisiplinan ini, ia harap menjadi perhatian seluruh OPD.

Sementara Sekda Batam Jefridin menyampaikan, jika pelanggaran oleh staf terjadi dn pimpinan OPD tak bertindak justru akan berdampak pada pimpinan terkait. Karean anatara staf dan pimpinan adalah satu kesatuan komponen dalam suatu organisasi, disiplin juga tergantung sikap pimpinan.

“Kalau tak ditindak dia (pimpinan OPD) yang kena,” kata Jefridin.

Ia menaympaikan, secara rinci skema pemotongan gaji diatur dalam Perwako. Namun sayang aturan tersebut tak ia hafal. “faktor pengurang tunjangan salh satunya ini,” terang dia. (adi)