Iklan

batampos.co.id – Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Adji Suradji Muhammad mengatakan pembukaan pendaftaran calon komisioner KPU Provinsi Kepri priode 2018-2023 dibuka secara resmi pada 12 Februari mendatang. Batas usia paling rendah bagi pendaftar adalah 35 tahun.

Iklan

“Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) KPU RI No. 22 /PP.O6-Kpt/OS /KPU /I/2018. Pendaftaran dibuka pada 12 Februari nanti,” ujar Adji Suradji Muhammad, kemarin.

Akademisi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang tersebut menjelasakan, kriteria-kriteria yang diutamakan bagi calon komisioner KPU Kepri adalah, warga negara Indonesia, setia kepada Pancasila, Undang-Undang

Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Masih kata Suraji, selain itu mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, dan kepartaian. Sedangkan dari sisi usia, pada waktu pendaftaran nanti adalah 35 tahun.

“Untuk teknis lebih rincinya mengenai syarat dan ketentuan, calon peserta bisa mengakses melalui website KPU Kepri di http://kepri.kpu.go.id,” jelas Suraji.

Lebih lanjut katanya, syarat mutlak lainnya adalah pendidikan paling rendah Sarjana Strata I (S-1) berdomisili di wilayah Provinsi Kepri yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau surat keterangan yang diterbitkan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Calon anggota KPU juga harus mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika. Bukan itu saja calon juga telah mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik paling singkat 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya, untuk penerimaan berkas akan mulai dibuka pada 12-15 dan 19-21 Februari mendatang. Penerimaan berkas bisa diantar langsung ke Sekretariat Pansel di Asrama Haji Tanjungpinang atau via email [email protected]

“Pada tahapan pendaftaran disejalankan dengan verifikasi kelengkapan calon. Perlu dicatat, pendaftaran tidak dipungut biaya,” tutup Suraji.(jpg)