Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi memasangkan jaket Kamtibmas kepada perwakilan pemerintah daerah dalam apel empat pilar menciptakan situasi aman di Kabupaten Karimun. F. Sandi/Batam Pos.

batampos.co.id – Setelah tiga bulan menjabat sebagai Kapolda Kepri, Irjen Pol Didid Widjanardi kemarin (8/2) melakukan kunjungan kerja di Polres Karimun yang merupakan salah satu program yang sudah direncanakan sejak beberapa waktu lalu. Pada saat tiba di Mapolres Karimun, langsung memimpin apel 4 pilar yang terdiri dari personil Polri, Lanal TBK, Kopdim 0317 Kabupaten Karimun dan perwakilan ASN dari Seluruh kecamatan di Kabupaten Karimun.

”Sejak di atas kapal sampai dengan di Polres Karimun saya teringat kenangan 30 tahun lalu. Yakni, ketika saya masih bersama-sama rekan saya di TNI. Dan, saat ini apa yang saya rasakan luar biasa kekompakan antara TNI Polri dan dengan instansi lainnya. Ini merupakan wujud solidaritas yang terbentuk dengan baik untuk menjaga wilayah Kabupaten Karimun,” ujar Kapolda Kepri, Irjen Pol Didid Wijdanardi kepada Batam Pos.

Saat ini, kata Kapolda, kuantitas personil yang dimiliki Polres Karimun sangat terbatas. Termasuk juga untuk sarana dan pra saranya. Meski demikian, untuk mengisi kekurangan tersebut, maka yang harus dilakukan adalah kebersamaan. dengan jajaran TNI. Artinya, kehadiran TNI dan Polri serta masyarakat harus bisa menciptakan situasi yang kondusif. Apalagi, diketahui bersama tahun lalu pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepri sangat rendah.

”Dengan kebersamaan dan sinergitas seperti ini, dapat menciptakan iklim dunia usaha kondusif dan dapat menarik investasi untuk masuk ke daerah. Kalau sudah demikian, maka kesejahteraan masyarakat juga akan meningkat. Melalui empat pilar yang ada di wilayah ini, maka itu salah satu jalan untuk merealisasikan situasi yang aman dan kondusif tersebut,” jelasnya.

Dilanjutkannya, sebagai contoh sinergitas 4 pilar adalah keberhasilan Polres Karimun meraih penghargaan peringkat tertinggi dalam hal pelayanan publik. Yakni, pembuatan surat keterangan catatan kriminal (SKCK) dan SIM. Keberhasilan ini ada campur tangan dari TNI dan Pemerintah Daerah. Kapolda juga menyampaikan bahwa Karimun merupakan wilayah kepulauan. Sehingga, hal ini menciptakan timbulnya kerawanan.

Seperti, penyelundupan jalur narkoba dan perttambangan. Untuk itu, dengan dukungan dari pemerintah daerah, TNI dan instnasi lain, maka hal ini dapat dicegah.
Dalam kunjungannya, Kapolda Kepri juga berkesempatan meresmikan Gedung Aryaguna yang merupakan gedung baru milik Polres Karimun. Gedung ini diberi nama sesuai dengan nama bataliyon Kapolda Kepri ketika masih menempuh pendidikan di kepolisian. Gedung ini nantinya akan digunakan untuk Satuan Reserse Narkoba. Karena, seperti diketahui dua tahun lalu ruang Satuan Reserse Narkoba rusak dihantam angin puting beliung. (san)

Respon Anda?

komentar