ilustrasi

batampos.co.id – Puskesmas Batuaji mencatat penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) masih menjadi penyakit yang paling banyak diderita warga Batuaji. Kepala Puskesmas Batuaji, Fitriati mengatakan Januari 2018, ada ratusan warga yang berkunjung ke Puskesmas untuk berobat penyakit ISPA.

Iklan

“Jumlah pasti saya belum terima, namun sejauh ini Ispa masih peringkat pertama penyakit yang diderita warga Batuaji,” ujar Fitriati saat ditemui diruangannya Kamis (8/2).

Pada tahun 2017 saja, terdapat 16.613 Kasus Ispa yang mereka tangani. Ia mengatakan penyakit ini Ispa menyerang kepada kelompok umur yang bervariasi, yakni anak-anak hingga dewasa.

“Penyakit ini rawan menyerang warga yang memiliki kondisi lingkungan yang kurang bersih, seperti polusi,” katanya.

Puskesmas Batuaji juga mencatat beberapa penyakit lain yang masih tergolong 10 besar penyakit yang paling banyak diderita warga Batuaji yakni Commond Cold, Dispesia, faringtis akut, demam tanpa sebab, diare dan gastroenteris, arthritis rematoid, tonsilitis akut, sindrom-sindrom sakit kepala dan myalgia.

“Penyakit ini rata-rata kami tangani 256 hingga 410 pasien per bulannya,” ucapnya.

Penyakit ispa juga menjadi penyakit peringkat tertinggi ditangani Puskesmas Seilekop, Sagulung. Kepala Puskesmas Seilekop Erizal mengatakan mereka biasa menangani pasien Ispa mulai 200 hingga 300 orang perbulannya.

“Angkanya fluktuasi. Tapi sejauh ini angkanya masih tetap sama seperti bulan-bulan yang lalu,” ujar Erizal, belum lama ini. (une)