Wabup Bintan Dalmasri Syam menyaksikan Festival Jong Race Utara tahun 2018 di Pantai Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Jumat (9/2). F. Slamet Nofasuanto/Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Bintan Dalmasri Syam membuka Festival Jong Race Utara 2018 di Pantai Keter, Kelurahan Tembelingtanjung, Bintan, Jumat (9/2). Kegiatan selama tiga hari ini akan disejalankan lomba lagu 60-an Pop Yee Yee.

Iklan

Kadispar Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, jumlah peserta tahun ini sekitar 350 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Kepri. “Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin ikut mendaftar, namun karena¬†keterlambatan pendaftaran, sehingga banyak yang tidak dapat ikut,” katanya.

Ia menjelaskan, festival jong yang dilaksanakan di Kampung Keter Laut ini memiliki keunikan dan perbedaan dari Festival Jong Race Utara yang diadakan di daerah lain. Selain jarak tempuhnya sekitar 500 meter, jongnya tidak dilepas di laut tapi di daratan seberang Pulau Keter. “Di situlah sebenarnya tantangan dan keunikan bagi para peserta festival jong tahun ini, peserta harus mampu melewati tantangan yang telah disiapkan panitia,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan terus melaksanakan Festival Jong Race Utara agar bisa dinikmati di setiap generasi.

Wabup Bintan Dalmasri Syam menyampaikan, untuk melestarikan budaya yang telah ada sejak zaman dahulu kala ini butuh keseriusan. “Ke depan mungkin akan kita tingkatnya lagi, sehingga bisa jadi ikon pariwisata baru yang dapat menarik para wisatawan yang berkunjung ke kabupaten bintan,” tukasnya. (met)