Mentri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan pengarahan sekaligus membuka acara Rakornas Kependudukan dan Pencacatan Sipil di Hotel Harmoni One Batamcenter, Kamis (8/2). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjamin ketersediaan blanko KTP di kementrian yang ia pimpin.

Iklan

“(Jika) kosong ambil saja, kalau alasannya habis enggak mungkin habis,” klaim Tjahjo di Batam Center, Kamis (8/2) siang.

Untuk itu ia memastikan berapa pun kebutuhan daerah akan tercukupi. Bukan tanpa alasan, kepastian ketersediaan karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik merupakan dokumen penting yang harus dimiliki setiap warga negara.

“Saya kira tak ada masalah soal blangko e KTP,” ucapnya.

Dia berharap permasalahan tumpukan pengajuan yang masih berlangsung hingga saat ini bisa diselesaikan dengan cepat. Mengingat April 2019 mendatang, pemilihan legislatif dan pemilihan presiden sudah dimulai.

Selain permasalahan tersebut, Tjahjo juga meminta pemda untuk menyukseskan perekaman dalam tahun ini, terutama mereka yang memasuki usia sebagai pemilih pemula di April tahun depan. Karena untuk menggunakan hak konstitusional mereka wajib memiliki KTP Elektronik.

“Kalau bisa tahun ini semua selesai,” tegasnya.

Sementara itu, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh dalam sambutannya menyampaikan, secara nasional, walau tak semua warga sudah memiliki secara fisik KTP Elektronik namun sebanyak 97,4 persen penduduk Indonesia sudah melakukan perekaman.

“Sisanya tinggal 2,6 persen, kami ingin tuntaskan pada 2018 ini,” kata dia. (adi)