Calon penumpang memadati Pelabuhan Domestik Sekupang
Foto Cecep Mulyana/batam Pos

batampos.co.id – Jelang libur tahun baru China atau Imlek yang tinggal menghitung hari, beberapa armada masih terlihat sepi dari penumpang.

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Trino Palapa mengungkapkan arus pelayaran masih berjalan normal. Jumlah penumpang yang mudik belum ada peningkatan.

Ia menyebutkan berdasarkan informasi yang didapat dari operator kapal, penumpang kebanyakan sudah membeli tiket untuk berangkat di tanggal 12-14 Februari.

“Jadi peningkatan diperkirakan empat-tiga hari jelang hari raya Imlek,” ujarnya.

Trino mengungkapkan tujuan paling ramai adalah tanjungbatu, Selat panjang, sedangkan untuk tujuan lainnya masih normal saja.

“Tujuan yang paling ramai tersebut bisa ditempuh dalam waktu satu hingga tiga jam. Jadi jika ada peningkatan penumpang yang cukup signifikan kapal bisa balik lagi ke Batam untuk mengangkut penumpang pas di hari tersebut,” beber pria kelahiran Solok, Sumatera Barat ini.

Ia menambahkan musim utara masih berlangsung, dan ketinggian ombak juga masih cukup tinggi. Namun begitu untuk pelayaran antar pulau dari PDS hingga saat ini masih aman.

“Kami tetap berkomunikasi dengan nahkoda dan syahbandar tujuan. Akhir-akhir ini angin cukup kencang, tapi pelayaran masih berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dia memperkirakan lonjakan penumpang bisa mencapai ribuan nanatinya selama peak season berlangsung. Untuk itu pihaknya memastikan kesiapan kapal tentunya, termasuk anggota yang bertugas.

“Alhamdulillah sejauh ini semua terkendali, kami berharap cuaca baik dan penumpang tiba di tujuan dengan selamat,” tutupnya.

Sementara itu salah satu perwakilan operator kapal, Asmadi mengungkapkan pembeliaan tiket untuk imlek memang sudah mulai terlihat. “Mereka beli sudah dari jauh hari, namun berangkat tiga hari sebelum imlek,” kata dia.

Untuk armada semua siap melayani pemudik imlek yang hendak menuju kampung halamannya. “Tiket cukup, dan armada dalam keadaan siap,” tambahnya.(yui)

Respon Anda?

komentar