Iklan
Alat berat escavator melakukan normalisasi parit di Jalan S . Suparman, Seibeduk, Senin (22/1/2018), lalu.
Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menganggarkan Rp 32,6 miliar untuk program pengendalian banjir dan perbaikan jaringan pengairan pada tahun 2018 ini. Program tersebut dibagi di sejumlah titik di kota Batam.

Iklan

“Dari pembahasan dengan dinas kemarin, jumlahnya Rp 32,6 miliar,” kata anggota Komisi III DPRD Batam, Rohaizat.

Menurut dia, program pengendalian banjir ini terdiri dari pembangunan drinase sebesar Rp 27 miliar, pemeliharaan rutin drainase Rp 1,9 miliar serta pengamanan tebing pantai kota Batam yang dianggarkan sebesar Rp 2,9 miliar.

“Kalau tahun lalu sekitar Rp 27 miliaran, jadi tahun ini ada peningkatan,” tuturnya.

Selain drainase, pemko juga menmfokuskan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana di wilayah hinterland. Anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 10,5 miliar, yang terdiri dari peningkatan jalan hinterland Rp 3,5 miliar, pembangunan jembatan dan pelantar Rp 5,1 miliar, penerangan dan pemeliharaan lampu PJU sebesar Rp 1,8 miliar.

Sementara untuk pembangunan lampu PJU mainland masuk di anggaran peningkatan sarana dan prasarana kebinamargaan. Anggarannya Rp 13 miliar, yang terdiri dari pembangunan lampu PJU sebesar Rp 5 miliar, pembangunan lampu high mast Rp 1,2 miliar, pembangunan lampu hias Rp 1,9 miliar serta pemeliharaan lampu PJU sebesar Rp 5,2 miliar.

“Harapan kita dengan anggaran sebesar ini permasalah banjir dan daearah yang belum memiliki lampu penerangan jalan umum segera teratasi. Begitu juga dengan titik banjir prioritas harus diutamakan,” jelas Rohaizat. (rng)