Usai ditetapkan sebagai calon Wali Kota Tanjugpinag, pasangan Syahrul-Rahma serta Lis Darmansyah-Maya Suryanti akan mencabut undi nomor pasangan. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Hari ini, Selasa (13/2) KPU Tanjungpinang melanjutkan tahapan Pilwako. Bertempat di Hotel CK, KPUD Tanjungpinang melangsungkan proses pencabutan nomor urut masing-masing calon.

“Prosesnya selanjutnya, akan dilakukan pencabutan nomor sebanyak dua kali,” terang Ketua KPUD Tanjungpinang, Robby Patria.

Ia menerangkan pada tahap pertama calon akan mengambil nomor undian pada kotak pertama. Yang menentukan siapa yang akan mengambil nomor urut terlebih dulu, pada kotak kedua. “Setelah itu, pengambilan nomor di kotak dua menjadi penentu nomor urut mereka. Barulah kami tetapkan,” kata Robby.

Mekanisme ini, dikatakan Robby menjadi alternatif pencabutan nomor dengan mengedepankan asas keadilan. Sebagaimana yang diatur dalam PKPU, bahwa pengambilan nomor urut dilakukan dengan cara pencabutan nomor undi. “Dan mekanisme ini, kami yang menetapkan,” ujar Robby lagi. (aya)

Respon Anda?

komentar