Peta A Yani

batampos.co.id – Ruas jalan Ahmad Yani dari Simpang Masjid Raya ke Simpang Kabil (Kepri Mall) dilebarkan tahun 2018 ini. Tak tanggung-tanggung, setiap jalur akan dilebarkan hingga lima lajur. Untuk diketahui kini setiap jalur hanya dua lajur.

Ruas jalan A Yani sendiri dari bundara BP batam hingga Simpang Dam / Panbil Mall.

“Rencana awalnya seperti itu, lima lajur setiap jalurnya,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) Yumasnur, Minggu (11/2).

Ia menyampaikan, realisasi rencsna tersebut tergantung kondisi di lapangan. Kini pihaknya sedang mengecek Right Of Way (ROW). Pengecekan ini akan jadi salah satu dasar pelebaran jalan ke depan. Menurut Yumasnur, semakin lebar ROW akan semakin besar juga jalan tersebut.

“Kalau hanya cukup empat mungkin empat tapi yang pasti kami akan habiskan (gunakan) semua ROW yang ada,” papar dia

Yumasnur mengatakan, hal awal yang kini ia lakukan adalah fokus membuka ROW sepanjang jalan tersebut. Untuk diketahui pembebasan ini juga dibantu Satpol PP Batam terkait penertiban bangunan di atas ROW, hal ini disampaikan Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Umum, Imam Tohari.

“Fokus kami buka dulu baru masuk tahap lelang, kami rencanakan masuk lelang bulan Maret,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pelebaran jalan ini dibebankan pada Anggarran dan Pendapatan Daerah (APBD) Kota Batam. Namun ia mengaku tak hafal berapa anggaran yang terserap dari proyek fisik ini.

“Angkanya ini yang saya tak hafal,” imbuhnya.

Sementara itu, ruas jalan yang sama dari Simpang Kabil ke Simpang Panbil direncanakan akan dilebarkan 2019 mendatang. Jumlah ruas yang akan direncanakan sama dengan pengerjaan dari Simpang Masjid Raya ke Simpang Kabil. Pelbaran jalan ini diharapkan dapat membuat arus lalulintas lancar atau tidak macet.

“Di simpang-simpang juga kami akan perlebar jalan belok kiri nya (lengan jalan), supaya yang mereka (yang ke kiri) bisa langsung jalan. Sekarang di Simpang Kabil itu terhalang sama yang mau jalan lurus, makanya macet,”kata dia. (adi)

Respon Anda?

komentar