Wabup Karimun menunjukkan kualitas beras bulog yang kurang bagus belum lama ini. F. Humas untuk Batampos 

batampos.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Karimun memastikan kebutuhan pokok masih tersedia di pasaran. Khususnya, untuk beras masih ada stok seribu ton lebih atau tepatnya 1.034,754 ton.

”Sejak dibentuk pada tahun lalu sampai dengan saat ini, kita dari Satgas Pangan mempunyai tugas melakukan pengawasan dan terhadap persediaan dan harga-harga kebutuhan pokok. Khusus untuk beras seperti kita ketahui bahwa makanan pokok tersebut diangkut dari Pulau Jawa. Yang saat ini persediaannya di tingkat distributor sampai dengan pedagang besar sebanyak 454,754 ton,” ujar Ketua Tim Tindak Satgas Pangan Kabupaten Karimun, AKP Lulik kepada Batam Pos, Senin (12/2).

Kemudian, kata Lulik, jika ditambah dengan stok beras yang ada di Bulog Karimun sebanyak 580 ton, maka jumlah stok beras di wilayah Kabupaten Karimun lebih dari seribu ton. Dan, jumlah tersebut mencukupi untuk memenuhi kebutuhan beras untuk dikonsumsi oleh masyarakat Karimun untuk dua bulan ke depan. Selain itu, hampir setiap pekan satu atau dua kapal kargo dari Jakarta biasanya ada membawa beras.

”Jumlah stok beras sebanyak seribu ton tersebut berdasarkan update data terbaru hari ini (kemarin, red). Artinya, setiap hari anggota Sat Reskrim Polres Karimun yang tergabung dalam Satgas Pangan turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan kebutuhan pokok. Dengan sasaran pasar, distributor dan pedagang besar. Tujuannya selain melakukan pantauan juga jangan sampai terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok yang dilakukan oleh spekulan, sehingga merugikan pembeli,” jelasnya.

Menyinggung tentang harga beras di pasaran, Lulik menyatakan, tidak ada kenaikan harga jual beras di pasaran, baik untuk jenis prermium dan medium. ”Harga terendah beras premium Rp12.700 per kg dan tertinggi Rp13.300. Sementara itu, untuk beras tipe medium harga terendahnya Rp9.600 per kg dan tertingginya Rp9.950 per kg. Intinya, harga beras dalam tiga bulan terakhir masih stabil,” paparnya. (san)

Respon Anda?

komentar