Jumat, 29 Maret 2024

Pemko Batam Mulai Kerjakan Proyek Fisik 2018

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berpacu dalam proyek infrastruktur, khususnya pelebaran jalan. Langkah ini dilakukan guna mengejar target penyelesaian seluruh kegiatan pada November 2018 nanti.

“Hari ini (kemarin) saya sebut pukul gong untuk proyek fisik anggaran 2018. Kita ingin anggaran November selesai, maka kita berpacu,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat meninjau proses pelebaran jalan di Simpang BNI Seipanas, Selasa (13/2).

Rudi mengatakan, proyek pelebaran jalan ini sudah bisa dikerjakan lantaran proses lelang sudah selesai. Pemko mempercepat pelaksanaan lelang begitu anggaran diketok pada Desember tahun lalu. Sehingga di awal Februari ini pemenang sudah didapat dan kontrak sudah ditandatangani.

“Ada lima atau enam kontrak yang sudah selesai. Sebagian lanjutan (proyek) di Nagoya yang belum selesai tahun lalu, dan yang baru ini(Simpang BNI Seipanas),” sebutnya.

Selain menggunakan APBD Kota Batam, pembangunan infrasturktur tahun ini juga dibantu dari APBD Provinsi Kepulauan Riau. Anggaran yang diberikan Provinsi untuk Batam tahun ini sekitar Rp 33 miliar. Anggaran itu digunakan untuk pelebaran tiga ruas jalan dari Underpass Pelita sampai ke Sincom Batamcentre.

“Tahun ini selesai tapi belum sempurna. Saya minta dibuka dulu semua. 2019 baru disemenisasi. Kita minta ini dibuka karena ada perubahan ruas jalan. Media tidak pas di depan SDN 001 Batamkota di Simpang Patung Kuda. Mediannya kita minta geser ke kiri supaya pas di tengah,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (CBM-SDA) Kota Batam Yumasnur mengatakan, beberapa ruas jalan mulai dikerjakan bulan ini. Seperti jalan dari Planet Hoilday Hotel ke simpang The Hills Hotel. Kemudian dari Underpass Pelita ke Telkom dan Irinco. Selanjutnya dari Apartemen Harmoni ke Simpang Baloi, serta dari Simpang Jam ke Simpang BNI Seipanas.

Selain itu, lanjutnya, sebagian sudah mulai bekerja. Sebagian persiapan alat. Yang lain masih dalam perencanaan seperti Simpang Kuda-Bengkong Seken, Masjid Raya-Simpang Kabil, KDA-Bundaran Kantor Camat Batamkota.

“Kita harapkan setelah siap perencanaannya, bulan depan langsung lelang,” kata Yumasnur. (mta)

Update