Kamis, 25 April 2024

Real Madrid vs PSG : Ujian Pertama Penaklukan Eropa

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejarah ditulis oleh para pemenang. Dan Liga Champions, mengingat PSG sebagai pecundang di depan Barcelona. Menang 4-0 di Paris, Les Parisiens kemudian takluk 1-6 oleh Barca di pertemuan kedua babak 16 besar yang digelar Barcelona.

Demi merehabilitasi nama, PSG kemudian ‘merampok’ salah satu aktor dari klub yang menghancurkannya di Eropa musim lalu tersebut. Gayung pun bersambut karena Neymar, sang aktor, itu sudah bosan jadi bayang-bayang superstar Barca Lionel Messi. Harga fantastis Rp 3,5 triliun pun mengiringi kepindahan Neymar dari Camp Nou ke Parc des Princes musim panas lalu.

Momen buat Neymar membuktikan diri sebagai bintang datang musim ini. Lawannya di 16 besar Liga Champions musim ini adalah klub yang sudah diakrabinya dalam empat musim. Dini hari nanti (15/2) di Santiago Bernabeu, PSG akan menantang juara bertahan Real Madrid.

Neymar kepada This Is Paris secara antusias mengatakan mengalami musim perdana yang luar biasa di PSG. Kapten timnas Brasil itu mengkoleksi 28 gol serta 16 assist diantara 27 penampilannya musim ini di semua ajang.

“Saya tak mengharapkan seandainya akan terjadi kesuksesan secepat ini. Namun statistik saya bersama PSG memang luar biasa dan yang terpenting saya membantu tim meraih sukses,” kata Neymar.

Pemain yang baru saja merayakan ulang tahun ke-26 pada Senin (5/2) lalu itu jadi kunci penting bagi entraineur PSG Unai Emery menaklukkan Eropa. Selain menapak ke 16 besar, PSG juga dibawanya ke posisi puncak Ligue 1, masuk final Coupe de la Ligue, dan perempat final Coupe de France.

Neymar sebagai aktor utama ditopang oleh dua pemain lainnya. Edinson Cavani dan Kylian Mbappe sehingga terbentuklah trio MCN yang menebar teror di Eropa dengan produktivitasnya. Ketiganya membuat 71 gol di antara 126 gol PSG di semua ajang.

“Kami tahu, kalau kami mampu membuat satu hal besar di Liga Champions musim ini. Setiap pemain pasti ingin membuat sejarah untuk klubnya dan karena itulah saya bergabung dengan PSG ini,” tutur Neymar.

Mantan pemain Santos itu meski dilingkupi kontroversi, terlibat friksi dengan Cavani soal eksekutor penalti, keistimewaan memilih laga yang diinginkan, sampai menggelar pesta privat, adalah centrum permainan PSG.

Dan pengalamanannya menghadapi Real, sangat dibutuhkan. Dalam karirnya bersama Barca Neymar bermain delapan kali, menang empat kali, draw sekali, dan kalah tiga kali. Neymar pun menceploskan tiga gol serta lima assist kala bertemu Real.

Di sisi lain, Liga Champions adalah kompetisi sekoci bagi Sergio Ramos dkk. Real yang tercecer di posisi keempat La Liga, keok di perempat final Copa del Rey, menaruh asa terbesarnya di Liga Champions.

Bintang Real Cristiano Ronaldo kepada Goal mengatakan kalau PSG adalah tim paling bersinar musim ini di Eropa. Megatransfer Neymar ke Parc des Princes yang mencapai EUR 222 juta atau Rp 3,5 triliun membuat dunia geleng-geleng kepala soal harga itu.

“Kami akan menghadapi tim yang hebat dengan kualitas pemain yang jempolan. Namun kami juga harus menunjukkan kalau Real adalah kumpulan pemain tangguh dengan pengalaman yang matang,” tutur Ronaldo.

Ronaldo yang hari ulang tahunnya sama dengan Neymar itu dalam kondisi on fire. Sejak kalender tahun berganti sudah tujuh gol dibuat Ronaldo. Dan peruntungan Ronaldo musim ini cukup bagus di Liga Champions. Dalam enam laga, pemain 33 tahun itu membuat sembilan gol.

Menurut entrenador Real Zinedine Zidane Ronaldo adalah pemain spesialis laga besar. Musim lalu di fase knock out Liga Champions, Ronaldo membuat dua kali hat-trick. Yakni ke gawang Bayern Muenchen, lawannya di perempat final. Serta Atletico Madrid, lawannya di semifinal. (dra/jpg)

Update