Master plan gedung perkulihan STAI Paduka.

batampos.co.id – Kabupaten Kepulauan Anambas segera dibangun Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Perbatasan Terpadu Kepulauan Anambas (Paduka). Ketua Yayasan Al Hikmah At Taqwa Tengku Zulkifli, sudah melakukan presentasi kepada Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris beserta sejumlah pejabat tinggi pemkab Anambas pada Selasa (13/2) malam.

Iklan

“Kita siap membangun Perguruan Tinggi (PT) di Anambas, apabila merespon dengan baik maka Insya Allah Tahun ini STAI Paduka, dapat menerima Mahasiawa baru pada tahum 2018 ini,” Kata Zulkifli saat melaksanakam Ekspos pendirian STAI Paduka di Aula Kantor Bupati KKA Selasa (13/2) malam.

Diakuinya ke depan pihaknya siap untuk meningkatkan status menjadi universitas. Namun butuh perjuangan keras karena itu tidak mudah. Lahan yang dibutuhkan untuk mendirikan universitas itu harus 50 hektare. Supaya bisa memenuhi standar.

Namun karena ini baru tahap awal dan belum memiliki gedung sendiri, maka untuk tahap awal ini, yayasan akan meminjam gedung SMKN 4 Anambas yang ada di Arung Hijau Desa Tiangau sambil menunggu pembangunan gedung STAI. Lanjut Zulkifli, untuk tahun pertama pihaknya akan membuka dua Program Studi (Prodi) yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (Guru) dan Ilmu Ekonomi Syari’ah. “Untuk tahun pertama ini kita siap dan mampu membuka dua Prodi. Yang masing-masing Prodi jumlah Mahasiswa Minimal 30 orang,” ujarnya.

Untuk SDM pengajar tambah Zulkipli pihaknya telah menyiapkan 12 Dosen tetap yang telah siap. Selain itu di Anambas sendiri mempunyai potensi untuk menjadi dosen karena banyak yang telah lulus S2 dan satu orang mendapat gelar Doktor. “Potensi ini dapat membantu menjadi pengajar diperkuliahan nanti,” sampainya.

Untuk Gedung tempat perkuliahan nanti dapat meminjam SMKN 4 yang dapat dipergunakan jelang dibangunnya kampus. ” Kita ingin Mahasiswa Reguler nanti wajib menguasai Al-Quran, serta menguasai bahasa Asing. Selain itu Para Mahasiswa juga selain ditempa dengan mental dan Spritual juga dengan phisik, mereka disarankan untuk mendukung selama satu tahun,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, mengatakan, pihaknya sangat senang dengan ekspos pembangunan STAI Paduka. “Saya sangat berharap segera ada perguruan tinggi di Anambas. Pada prinsipnya, Anambas sangat ingin memilki perguruan tinggi sendiri,” jelasnya.

Haris mengungkapkan, untuk mewujudkannya memang butuh kerja keras, pemerintah daerah siap mendukung ini. Yang penting adalah pengakuan bahwa Anambas memiiliki STAI. “Ini butuh kerja keras kita bersama untuk menyukseskannya,” imbuhnya. (sya)