Petugas pemadam kebakaran berusaha memedamkan sisi api yang membakar lahan kosong dikawasan dekat pantai stress Batuampar, Rabu (14/2). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Lahan kosong seluas satu hektar yang berada di dekat Pantai Stres, Batuampar, dilalap si jago merah, Rabu (13/2) siang. Untuk menghindari kebakaran yang lebih meluas, beberapa orng warga mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Wakapolsek Batuampar AKP Herman Kelly yang ditemui di lokasi mengatakan bahwa api pertama kali dilihat oleh warga, pukul 14.00 WIB. Karena melihat api yang cepat membesar, beberapa warga mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya dan menghubungi petugas pemadam kebakaran.

“Awalnya dikira hanya bakar sampah. Tapi sampai di lokasi, api sudah membesar dan asap semakin tebal. Maka itu kita minta bantuan pemadam kebakaran supaya tidak meluas,” kata Kelly.

Untuk penyebab terbakarnya lahan kosong itu, Kelly belum bisa menyimpulkan. Dugaan sementara, api berasal dari warga yang membakar kabel untuk mengambil tembaganya. Karena pada saat kejadian angin bertiup kencang dan banyak barang mudah terbakar, api langsung membesar.

“Disini juga banyak benda mudah terbakar seperti busa kursi dan barang-barang yang terbuat dari plastik. Karena cuaca panas, jadi api langsung besar,” kata dia.

Kelly menambahkan, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 15.30 WIB dengan bantuan lima unit mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Batam dan BP Batam, serta bantuan dari beberapa orang warga yang memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

“Alhamdulillah sudah padam semua. Untuk lahan yang terbakar sekitar satu hektar. Lahan itu merupakan lahan kosong dan tak ada isinya,” imbuhnya. (gie)

Advertisement
loading...