Jumat, 19 April 2024

Imlek, Polresta Barelang Siagakan 300 Personel di Berbagai Titik

Berita Terkait

Kapolresta Barelang Kombes Hengki, ketika memimpin apel di Mapolresta Barelang. (Boni Bani/JawaPos.com)

batampos.co.id – Imlek 2569 tahun 2018 telah tiba, Polresta Barelang menerjunkan 300 personel di sejumlah titik di Kota Batam.

Kapolresta Barelang Kombes Hengki menjelaskan, dari beberapa titik pengamanan, sejumlah vihara menjadi fokus utama yang harus diamankan petugas.

Pengamanan yang akan dilakukan, meliputi seluruh rangkaian kegiatan masyarakat dalam perayaan Imlek. Mulai dari sebelum perayaan, hingga nantinya seluruh rangkaian acara perayaan selesai.

“Salah satu bentuknya yakni, melakukan sterilisasi terhadap beberapa vihara yang akan digunakan dalam perayaan Imlek tersebut,” ujar Kombes Hengki, Kamis (15/2).

Hal itu, dilakukan untuk memastikan tidak ada gangguan. Terutama dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, belakangan ini, ada beberapa kejadian yang berkaitan dengan pengrusakan tempat ibadah.

Meskipun potensi kejadian seperti itu kecil kemungkinannya di Batam. Tetapi, pihak Polresta Barelang tetap waspada dan pengamanan akan tetap dilakukan.

Setidaknya, ada 16 vihara yang akan dijaga secara ketat selama rangkaian perayaan imlek.

“Kita akan siagakan petugas terutama di vihara yang memang menjadi pusat dalam perayaan ini,” ujarnya.

Untuk waktu pengamanan sendiri, Hengki menjelaskan, tim akan bertugas mulai Kamis (15/2) malam ini. Kendati perayaan imlek jatuh pada Jumat (16/2) besok, aktivitas atau rangkaian acara di vihara sudah mulai dilaksanakan sejak malamnya.

Kepada masyarakat yang merayakan, Hengki mengingatkan, untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. Ia berharap, masyarakat bisa segera melaporkan apabila menemukan adanya gangguan keamanan di daerahnya masing-masing.

“Harus tetap aspek keselamatan, baik saat meninggalkan rumah, di jalan serta di tempat ibadah,” tandas Hengki.

(bbi/JPC)

Update