Jumat, 29 Maret 2024

Libur Panjang Akhir Pekan, Hang Nadim Catat 8 Ribu Penumpang Datang dan Pergi

Berita Terkait

Para penjemput penumpang pesawat yang baru tiba di Bandara Hang Nadim Batam,
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Puncak arus mudik imlek di Bandara International Hang Nadim Batam terjadi, Kamis (15/2). Direktur BUBU Hang Nadim Suwarso mengungkapkan lebih banyak penumpang yang datang dibandingkan berangkat.

“Hingga kini, hitungan terakhir belum saya pegang. Tapi perkiraan saya angkanya mencapai 8 ribuan penumpang, baik datang atau yang pergi,” katanya, Kamis (15/2).

Lonjakan penumpang yang mudik untuk merayakan imlek ini, kata Suwarso tidak lah banyak. Karena normalnya penumpang di Hang Nadim berkisar di angka 7 ribu orang. “Seribuan orang bedanya. Tak sebanyak mudik Natal atau Lebaran,” ungkapnya.

Suwarso menuturkan lonjakan penumpang di Hang Nadim disebabkan tidak hanya karena mudik imlek. Tapi juga karena masyarakat memanfaatkan libur akhir pekan yang cukup panjang. “Jumat, Sabtu, Minggu libur, mungkin pada liburan ke luar kota semua atau datang ke Batam untuk berlibur,” ucapnya.

Dari pantauan Batam Pos, sedari pagi (15/2) penumpang penuh sesak memasuki ruang terminal keberangkatan Hang Nadim. Begitu juga di ruang kedatangan.

Sementara itu di Pelabuhan Telagapunggur penumpang tak seramai, Rabu (14/2) lalu. Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Telagapunggur, Komaruddin menuturkan penumpang yang datang masih normal. “Kalau kemarin, empat kapal kami turunkan dengan sebanyak 400 orang lebih kami berangkatkan ke Dabo. Tapi hari ini biasa saja,” ujarnya.

Walau Kamis (15/2) lalu arus penumpang normal, Komaruddin menuturkan pihaknya tetap menyiagakan beberapa kapal. “Takutnya, besok (16/2) penumpang ramai. Makanya siaga juga,” tuturnya. (ska)

Update