Jumat, 29 Maret 2024

Turis Singapura dan Malaysia Bertandang ke Batam

Berita Terkait

Penumpang kapal fery yang bearsal dari Singapur maupun Malaysia memadati pint kedatangan saat akan melakukan cap paspor saat tiba di Pelabuhan Internasional Batamcenter, kamis (15/2). Memasuki liburan Tahun Baru Imlek penumpang yang melalui pelabuhan Internasional Batamcenter mengalami peningkatan. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Ribuan turis asal Singapura dan Malaysia mulai membanjiri Batam sejak Kamis (15/2). Mereka bakal menghabiskan libur Imlek 2018 di Batam.

Kedatangan turis negeri jiran itu terpantau di sejumlah pelabuhan feri internasional di Batam, kemarin. Di antaranya di Pelabuhan Feri Internasional Batamcenter.

“Hari ini (kemarin) termasuk puncak kedatangan. Jumlah kedatangan meningkat lebih dari 100 persen dari hari biasa,” kata Kasi Operasional Pelabuhan Feri Internasional Batamcenter, Sobri, Kamis (15/2).

Sobri menjelaskan, pada hari-hari biasa jumlah kedatangan penumpang di pelabuhan tersebut rata-rata 5.000 orang. Namun sepanjang hari kemarin, kedatangan melonjak hingga 10 ribu lebih.

Sobri memperkirakan, puncak arus kedatangan penumpang ini akan berlanjut hingga hari ini, Jumat (16/2). “Malaysia dan Singapura sudah mulai libur. Ada yang datang memang untuk Imlek, ada juga yang hanya untuk berlibur,” paparnya.

Ia menjelaskan, melonjaknya jumlah penumpang ini membuat sejumlah operator kapal menambah jadwal keberangkatan kapal. Jika biasanya hanya empat kali pelayaran, maka mulai kemarin ditambah enam lagi jadwal keberangkatan.

“Jadi total ada 10 trip,” katanya.

Melonjaknya arus kedatangan ini menybabkan antrean panjang di konter Imigrasi Pelabuhan Feri Internasional Batamcenter. Bahkan antrean mengular hingga ke luar terminal kedatangan.

Pemandangan berbeda terlihat di terminal keberangkatan. Mulai pagi hingga menjelang siang, terminal keberangkatan pelabuhan terlihat sepi. Namun Sobri mengatakan, biasanya jumlah penumpang yang berangkat akan meningkat jelang sore hari.

“Warga Batam umumnya memilih merayakan Imlek dulu, baru ke luar negeri,” jelasnya.

Sementara General Manager Pelabuhan Feri Internasional Batamcenter Nika Astaga menambahkan, puncak arus penumpang di pelabuhan tersebut akan terjadi pada Minggu (18/2) nanti.

“Itu, penumpang yang datang-pergi sama-sama meningkat 100 persen lebih,” ungkap Nika. (nji)

Update