Sabtu, 20 April 2024

120 Polisi Jaga Kelenteng dan Vihara di Bintan

Berita Terkait

WARGA Tionghoa saat melakukan sembahyang sempena Tahun Baru Imlek di salah satu vihara di Kabupaten Bintan. F. Slamet Nofasusanto/ Batam Pos

batampos.co.id – Selama perayaan Tahun Baru Imlek 2569, jajaran Kepolisian Resort (Polres) Bintan menerjunkan 120 personel untuk menjaga 25 kelenteng dan vihara di Kabupaten Bintan.

Kabag Ops Polres Bintan Kompol Hari Yoyono mengatakan, satu kelenteng atau vihara sekurangnya dijaga 4 orang personel. “Mereka ditugaskan sesuai kebutuhan,” kata dia
Misalkan, lanjutnya, Vihara Bakti Sasana Kecamatan Bintan Timur yang memiliki jemaat sekitar 250 orang sekurangnya dijaga 4 petugas.

Menurutnya, para petugas bukan hanya berjaga di lokasi, ada yang bertugas melakukan patroli. Karena pengamanan terhadap 25 kelenteng dan vihara di Kabupaten Bintan tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Bintan. “Paling banyak kelenteng dan vihara di kecamatan Teluk Sebong. Di sana, ada 9 tempat,” sebutnya.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan, ada tujuh kecamatan yang menjadi perhatian pengamanan, antara lain Kecamatan Bintan Utara, Bintan Timur, Teluk Sebong, SeriKuala Lobam, Teluk Bintan dan Gunung Kijang maupun Toapaya. Karena di tempat itu merupakan titik pelaksanaan sembahyang Tahun Baru Imlek.

Meski demikian, ia melanjutkan, pihaknya juga memberikan perhatian terhadap pengamanan di beberapa objek vital, salah satunya di kawasanpariwisata Bintan Resorts Lagoi dan Pantai Trikora. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan di dua objek wisata itu.

Terpisah, Ketua Hakka Bintan Lukku mengatakan, hari pertama Imlek biasanya, masyarakat Tionghoa akan berkumpul untuk makan bersamadengan keluarga. Tujuannya, mempererat hubungan kekeluargaan dan kebersamaan. (met)

Update