Jumat, 29 Maret 2024

Imlek, Pelabuhan Rakyat pun Padat

Berita Terkait

Mudik dengan boat pancung tujuan Pulau Buluh, Bulang dari Pelabuhan Sagulung, Jumat (16/2).
F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Warga keturunan Tionghoa yang tinggal di Batam mudik ke pulau asal mereka, salah satunya adalah Pulau Buluh. Pantauan Batam Pos, ratusan umat Tionghoa ini memadati Pelabuhan Rakyat Sagulung, Jumat (16/2).

Menurut Jesica Ling, warga Batam yang berasal dari Pulau Buluh, setiap perayaan Imlek ia memang kerap berkunjung ke rumah keluarganya yang masih tinggal dan bertahan di pulau tersebut.

“Di sana (pulau Buluh, red) masih ada mama. Saya dan saudara kerja dan tinggal di Batam,” ujarnya kepada Batam Pos.

Tak hanya berkunjung untuk bertemu keluarga, Jesica yang membawa serta keempat keluarganya tersebut juga berniat untuk sembahyang di vihara yang ada di pulau tersebut.

“Sekalian sembahyang sama-sama keluarga, biar Imleknya semakin terasa,” katanya.

Dia mengatakan mudik ke pulau asal memang salah satu momen yang tak bisa dilupakan oleh umat Thionghoa. Terlebih dia dan keluarganya.

“Seperti umat muslim yang mudik ke kampung, kami pun begitu saat perayaan Imlek,” jelasnya.

Vina, warga Tionghoa asal pulau Buluh juga demikian. Bahkan ia mengaku berkunjung ke pulau asalnya sehari sebelum hari Imlek.

“Rayakan imlek bareng keluarga di pulau,” katanya.

Ia mengaku setiap tahun tetap berkunjung ke pulau asalnya.

“Saya tidak lupa sama tempat asal. Makanya saya bawa semua anak-anak saya biar mereka tahu dimana mamanya asal, dan di sana juga masih banyak sanak saudara,” jelasnya.

Jefri, pengelola Pelabuhan Rakyat Sagulung, mengatakan sejak pagi ratusan umat Tionghoa sudah berdatangan. Rata-rata mereka berkunjung ke pulau terdekat seperti Pulau Buluh, Pasir, Todak dan pulau terdekat lainnya untuk merayakan Imlek.

“Setiap imlek memang ramai. Sama seperti umat muslim yang mudik ke pulau asalnya,” ucapnya.

Dia mengatakan sebagian besar mereka pergi lalu kembali pada sore hari. “Jarang yang nginap. Soalnya dekat,” tutupnya. (une)

Update