Jumat, 19 April 2024

Kanim Batam Menambah Personel

Berita Terkait

Pelabuhan, pintu masuk ke Batam

batampos.co.id – Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto menambah jumlah personelnya di pintu-pintu masuk wisatawan Mancanegara ke Batam. Penambahan jumlah personel ini guna mengantisipasi lonjakan wisman yang masuk ke Batam.

“Hari biasa kami tempatkan personel itu sekitar 16 orang untuk Pelabuhan International Batamcenter, tapi saat imlek kami perbantukan personel per pelabuhan itu sekitar 7 orang petugas. Pelabuhan lainnya juga kami tambah sekitar 6 hingga 7 personel,” katanya, Jumat (16/2).

Ia mengatakan ditambahnya personel ini, agar dapat melayani para wistawan yang masuk ke Batam.

“Wisman yang masuk ke Batam itu biasanya banyak saat imlek. Makanya personel ditambah, saat lonjakan datang. Kami sudah siap,” tuturnya.

Berdasarkan pengalaman Lucky saat menjadi perwakilan Imigrasi Indonesia di Singapura, toko-toko di negara itu banyak yang tutup. Sehingga warga Singapura banyak yang memilih berlibur ke beberapa tempat, salah satunya Batam. Dari informasi didapatnya dari anggotanya di lapangan, Wisman dari Singapura memadati beberapa pelabuhan international yang ada di Batam.

“Hari ini saja, jumlah wisatawan yang datang ke Pelabuhan Internantional Batamcenter 12 ribu orang, berangkat 7 ribu orang,” ucapnya.

Akibat membludaknya jumlah penumpang di Pelabuhan Internantional Batamcenter ini, agak menyulitkan patugas imigrasi dalam bidang pelayanan. Lucky menuturkan walau pihaknya menambah jumlah petugas, tapi konter yang disediakan tak mencukupi untuk melayani Wisatawan mancanegara yang datang ke Batam.

“Di Pelabuhan Batamcenter itu ada sekitar 10 konter, idealnya itu harusnya 14 hingga 16 konter. Saat seperti ini, akibatnya overload. Dalam satu waktu, yang datang bisa 6 sampai 8 kapal,” tuturnya.

Ia berharap pengelola Pelabuhan Internantional Batamcenter, dapat memberikan ruang lebih. Sehingga pihak imigrasi bisa menempatkan 14 konter di sana.

Sementara itu di Pelabuhan Internantional Harbourbay, penumpang yang datang itu sebanyak 5442 orang dan berangkat 1435 orang. Di Pelabuhan Internantional Sekupang hingga pukul 15.00 (16/2) penumpang yang datang sebanyak 3120 orang dan berangkat 910 orang.

“Selain dari Singapura, Wisatawan yang datang itu dari Malaysia juga,” ucapnya. (ska)

Update