Kamis, 28 Maret 2024

Medan, Jakarta, Padang, Pontianak dan Surabaya ialah Kota Tujuan Mudik Imlek dari Batam

Berita Terkait

Calon penumpang memedati pintu Keberangkatan Hang Nadim Batam, Rabu (14/2). Menjelang libur perayaan tahun baru Imlek penumpang yang menggunakan pesawat mengalami peningkatan. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Selama mudik Imlek tahun ini, ada lima kota yang menjadi tujuan para pemudik. Rute pesawat ke lima kota itu selalu dipadati penumpang dari H-3 Imlek hingga kini.

“Medan, Jakarta, Padang, Pontianak dan Surabaya, selama arus mudik Imlek daerah ini selalu dipadati penumpang,” kata Direktur BUBU Internantional Hang Nadim Batam, Suwarso, Jumat (16/2/2018).

Suwarso menuturkan saat arus balik nanti, penumpang dari lima kota ini juga yang akan mendominasi di Bandara Internantional Hang Nadim.

“Kami memperkirakan arus balik itu Minggu (18/2) sore dan Senin pagi (19/2),” ucap Suwarso.

Selama arus mudik Imlek, Suwarso mengatakan hanya ada satu kejadian yang cukup menganggu di Hang Nadim. Dan itupun akibat cuaca buruk yang melanda Kota Jakarta.

“Kemarin (15/2), banyak pesawat yang delay dari Batam menuju Jakarta. Terpaksa harus menunggu, hingga cuaca di sana membaik. Jarak pandangnya tidak memungkinkan untuk mendarat,” tuturnya.

Bandara Hang Nadim tidak hanya dipadati oleh penumpang yang berangkat saja. Tapi juga penumpang yang datang.

“Pergerakan penumpang 14 Februari, datang 9.311 orang dan berangkat 9.001. Tanggal 15 Februari, datang 7.830 dan berangkat 8.260,” ujarnya.

Ia mengatakan penumpang yang datang ke Batam tidak hanya ingin merayakan imlek saja. Tapi juga ingin memanfaatkan momen libur akhir pekan yang cukup panjang.

“Penumpang yang berlibur ke Batam dan Singapura, itu ramai banget,” tuturnya.

Di Bandara Internantional Hang Nadim, Jumat (16/2) pukul 10.00 penumpang dari luar Batam menyesaki terminal kedatangan Hang Nadim. Salah seorang penumpang dari Pontianak, Yogi Yolanda,29 menuturkan kedatanganya ke Batam hanya untuk berlibur.

“Mumpung panjang,” tuturnya sembari tersenyum.

Pria berdarah Minang ini mengungkapkan selain menikmati objek wisata di Batam, Ia merencanakan Sabtu (17/2) akan bertolak menuju ke Malaysia.

“Malaysia lalu Singapura, Minggunya (19/2) baru balik ke Batam. Lalu langsung balik lagi ke Pontianak,” ungkapnya. (ska)

Update