Kamis, 28 Maret 2024

Pembangunan Pelabuhan Teluk Sasah Terganjal Rekomendasi Gubernur

Berita Terkait

batampos.co.id – Rencana membangun pelabuhan bongkar muat di Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan yang menelan anggaran total Rp 299 miliar terganjal rekomendasi dari Pemprov Kepri.

“Tinggal menunggu surat rekomendasi dari Pak Gubernur. Dari rekomendasi itu, Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan surat penetapan lokasi kepelabuhan,” ujar Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kantor Pelabuhan (Kanpel) atau Syahbandar Tanjunguban Letkol R Gunawan, Kamis (15/2).

Selain menunggu surat rekomendasi lanjut R Gunawan, Pemkab melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bintan akan melakukan pertemuan untuk membahas perkembangan rencana pembangunan pelabuhan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.”Minggu depan saya bersama Pak Bupati dan Pak Kadishub Bintan akan ke Jakarta,” kata dia.

Selain hal itu, berbagai dokumen pelengkap untuk menunjang pembangunan pelabuhan bongkar muat pun sedang dilakukan, antara lain izin amdal. “Izin amdal sedang dalam proses, terus dipantau karena kita lagi berapi – api (semangat),” kata dia.

Menurut dia, pembangunan pelabuhan bongkar muat di Desa Teluk Sasah akan dikerjakan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dikucurkan anggaran sekitar Rp 88 miliar dan tahap kedua pada tahun berikutnya akan dikucurkan anggaran sekitar Rp 211 miliar.

Ia sangat berharap, surat rekomendasi dari Pemprov Kepri segera ditandatangani Gubernur Kepri sehingga pembangunan pelabuhan bisasegera dilakukan. Pelabuhan ini, menurut dia, selain akan membuka lapangan pekerjaan juga akan memperlancar keluar masuk arus barang di Kabupaten Bintan.

Terpisah Kadishub Kabupaten Bintan Yandrisyah mengharapkan Pemprov Kepri segera mengeluarkan rekomendasi terkait rencana pembangunan pelabuhan bongkar muat di Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam.Sebab lahan pelabuhan sudah jelas karena masyarakat sudah menghibahkan lahan seluas lebih kurang 4 hektare untuk pelabuhan bongkar muat.

Bahkan lanjut dia, surat hibah lahan sudah diserahkan Pemkab Bintan ke Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kantor Pelabuhan (Kanpel) atau Syahbandar Tanjunguban. Warga Teluk Sasah Eko mengatakan, pelabuhan bongkar muat di desa sudah lama diwacanakan. Oleh karena itu, ia berharap rencana membangunpelabuhan bisa dilaksanakan karena akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. (met)

Update