Jumat, 29 Maret 2024

Kampung Terih dan Kebun Raya Jadi Primadona Wisata Baru di Nongsa

Berita Terkait

Pengunjung mencari spot foto menarik di sekitar land mark Kebun Raya Batam yang berlokasi di Nongsa, Sabtu (17/2). Kebun Raya Batam menjadi destinasi wisata baru meskipun belum rampung pembangunannya. F. Yusuf Hidayat/Batam Pos

batampos.co.id – Selama ini masyarakat hanya mengetahui wisata Pantai Nongsa dan Pantai Melayu saja di daerah Nongsa. Tapi kian hari, kian banyak pilihan tempat wisata di daerah ini.

Kini yang terbaru ada wisata Kampung Terih, Kebun Raya Batam, pantai Bale-Bale dan wisata bakau. Tempat wisata baru ini, menjadi magnet baru. Sabtu (17/2), tempat-tempat ini dipenuhi masyarakat Batam yang memanfaatkan momen libur Imlek dan akhir pekan.

Salah seorang warga yang ditemui Batam Pos di Kebun Raya Batam, Yanti mengatakan mengatahui tempat-tempat wisata baru ini dari media sosial.

“Saya lihat cantik sekali tamannya, makanya tertarik ke sini,” kata warga Bengkong itu, Sabtu (17/2).

Yanti tidak sendirian, ia bersama temannya Uswah. Wanita kelahiran 27 tahun silam itu, mengatakan saat ini banyaknya pilihan wisata di Nongsa.

“Barusan saya dari Pantau Bale-Bale, bagus juga,” ungkapnya.

Pantauan Batam Pos di Kampung Terih, cukup banyak masyarakat yang mendatangi kampung wisata ini. Kampung yang gembar gemborkan menjadi destinasi wisata yang baru oleh Pemko Batam, cukup menarik minat masyarakat. Penataan kampung yang ciamik dan serta kekinian, melepaskan rasa penasaran masyarakat.

“Oooo jadi seperti ini. Awalnya penasaran, karena dapat kiriman foto Kampung Terih dari teman melalui WhatsApp. Ternyata sesuai dengan aslinya,” ucap Fahrur, 23.

Pemuda asli Riau ini menuturkan selama di Batam, tempat wisata di Kota Bandara Madani ini tak banyak.

“Dulu itu hanya jembatan Barelang, pantai di sekupang, Tanjungriau, Pantai Nongsa. Tapi sekarang ini sudah banyak pilihan, jadi tidak pusing lagi berakhir pekan di mana,” tuturnya.

Ia mengatakan sudah memiliki jadwal untuk menghabiskan akhir pekannya. “Sabtu ini saya di Kampung Terih, besok saya ke Kebun Raya Batam. Minggu depannya, saya mau ke pantai yang ada di Galang. Informasinya ada pantai cantik juga di sana,” ucapnya.

Bagi Fahrur, dengan banyaknya pilihan wisata di Batam, akan membuat masyarakat tak lagi tertarik ke luar negeri. Karena di Kotanya sendiri, masih banyak tempat-tempat yang didatangi.

“Dulu kan banyak berakhir pekan ke Malaysia, Singapura, karena tempat berlibur di Batam ini terbatas. Kalau sekarang sudah banyak pilihan, jadi pasti tak bosan lagi,” ungkapnya.

Pemuda yang bekerja di daerah kawasan Nagoya itu berharap Pemerintah Daerah terus meningkatkan jumlah destinasi wisata. Tentunya tak hanya menarik wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

“Semakin banyak orang berwista ke daerah sendiri, yah makin meningkatkan pendapatan masyarakat sendiri. Dari pada ke luar negeri, membuat kaya orang sana saja,” ungkapnya. (ska)

Update