Jumat, 29 Maret 2024

Kapal Tongkang Bintan I Berhasil Di Evakuasi

Berita Terkait

Sebuah tagboat berserta tongkang terbalik dipelabuhan CPO Kabil, Senin (5/2). Kejadian tersebut diduga akibat dihantam ombat dengan angin kecang. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kapal Tongkang Bintan I memuat 2.500 ton koral yang kandas Minggu (4/2) lalu berhasil di evakuasi. Tak hanya kapalnya, sebagian besar barang muatan kapal itu juga telah dikirimkan ke pemesanannya, Eco Green.

“Waktu yang diberikan Syahbandar itu kemarin, hanya 15 hari. Tapi dalam waktu seminggu kami berhasil kembalikan Tongkang Bintan I ke posisi seharusnya. Kapal ini sudah stabil, beberapa kerusakan sudah diperbaiki,” kata Pemilik PT Berkas Estafet Abadi (BEA), Raja Junaedi, Sabtu (17/2).

Perusahaan yang biasa bergerak dalam bongkar muat ini, belum pernah sekalipun melakukan pekerjaan untuk mengangkat kapal kandas.

“Ini pertama kalinya, karena beberapa perusahaan menolak. Tapi pekerjaan ini kami sanggupi,” ucapnya.

Ia mengatakan proses evakuasi Kapal Tongkang Bintan I ini, dimulai dari menguras isi air yanh masuk di dalam kapal. Setelah air yang masuk berhasil dikeluarkan, pihak PT BEA melakukan perbaikan terhadap kapal.

“Pekerjaan pengapungan ini hanya 4 hari saja. Kapal kembali ke posisi seharusnya, dan kami membongkar isi kapal,” ucapnya.

Setelah berhasil mengevakuasi Kapal Tongkang Bintan I ini, Wakil Direktur PT BEA Sari Afriani mengungkapkan pihaknya akan mengangkat kapal Tug Boat Hongkin.

“Ini kami perkirakan butuh waktu 3 atau 4 hari saja,” ujarnya.

Teknik untuk mengevakuasi kapal ini, kata Sari hampir sama saat mengapungkan Kapal Tongkang Bintan I.

“Nanti di pompa airnya dulu. Diperbaiki kerusakan, baru diangkat,” tuturnya.

Sari menuturkan ribuan koral itu kiriman dari PT SMS untuk Eco Green. Koral itu direncanakan untuk pembangunan jeti atau pangkalan kecil.

“Pekerjaan kami lainnya adalah melakukan pengerukan. Karena koral yang tumpah, menyebabkan pendangkalan,” tuturnya.

Sebelumnya Kepala Pos Syahbandar Kabil Mesdi meminta pemilik kapal mengevakuasi Tongkang Bintan I dalam waktu 15 hari.

“Kapal ini kandas akibat cuaca. Tapi kami sudah peringatkan pemiliknya secepatnya di angkat kapalnya,” tutur Mesdi. (ska)

Update