Jumat, 29 Maret 2024

Cara China Perlakukan Koruptor, Seru !

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Sebuah misi dari Presiden Xi Jinping yaitu memberantas korupsi, membuat penjara penuh dengan para narapidana. Menurut sumber dari penjara yang tidak ingin disebutkan namanya, tidak ada cukup ruang untuk menampung keluarga yang akan menjenguk.

Penjara Qincheng sudah penuh sesak dengan para koruptor sehingga tak mampu menampung keluarga yang akan menjenguk pada saat Imlek.

Qincheng sering dianggap sebagai kandang harimau. Menampung setidaknya 1,3 juta pejabat yang tersandung kasus korupsi dari kelas harimau hingga kelas lalat.

Jenderal Zhou Yongkang, politisi Bo Xilai, mantan pembantu presiden Ling Jihua, dan mantan jenderal Guo Boxiong, termasuk orang-orang yang ditahan di sana.

Biasanya, para narapidana yang berusia lebih dari 60 tahun dapat menantikan makan dengan anggota keluarga pada Tahun Baru Imlek. Namun, tidak untuk kali ini.

Kesengsaraan bertambah ketika pengunjung juga tidak diperbolehkan hadir pada dua minggu sebelum dan sesudah Tahun Baru Imlek.

 

Tidak seperti penjara ‘VIP’ untuk kerah putih yang dibayangkan oleh orang-orang, Qincheng dijaga ketat. Beberapa mantan narapidana mengungkapkan, mereka juga dianiaya di sana.

Qincheng adalah satu-satunya penjara di Tiongkok yang dikelola oleh Kementerian Keamanan Publik. Pemimpin prodemokrasi Tiananmen mengatakan, ketika dia dipenjara di Qincheng, tidak ada yang baik tentang penjara itu, bahkan untuk tamu VIP sekalipun.

(iml/JPC)

Update