Kamis, 25 April 2024

KPU Targetkan 77,5 Persen Partisipasi Pemilih

Berita Terkait

batampos.co.id – Merpati menjadi simbol dari harapan pelaksanaan Pilkada Tanjungpinang pada pertengahan tahun nanti akan berlangsung dengan aman, tertib, dan damai. Pada kegiatan deklarasi kampanye damai di lapangan Pamedan, Minggu (18/2) pagi kemarin, masing-masing pasangan calon kepala daerah dan seluruh elemen pelaksanaan pemilu melepaskan burung merpati ke langit luas.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang, Robby Patria berharap, pesta demokrasi lima tahunan yang sudah di depan mata dapat disambut dengan riang laksana merpati yang diterbangkan. “Pilkada harus disambut dengan bahagia. Tidak ada lagi politik uang atau ujaran kebencian, apalagi sampai menebar berita kebohongan yang bisa merugikan pasangan calon,” kata Robby.

Komitmen mewujudkan Pilkada yang damai dari masing-masing elemen, termasuk di antaranya pemerintah daerah, aparat kepolisian, Panwaslu, juga masing-masing tim pemenenangan, kata Robby, adalah kunci utama di balik kesuksesan penyelenggaraan Pilkada Tanjungpinang 2018 ini. Terlebih mendukung Robby dkk dalam mewujudkan partisipasi pemilih mencapai 77,5 persen.

“Masing-masing elemen harus bisa bekerja sebagaimana tupoksinya, dengan begitu kita optimistis bisa menyambut Pilkada dengan senang dan damai,” ujarnya.

Ketua Panwaslu Tanjungpinang, Maryamah juga mengimbau kepada masing-masing tim pemenangan pasangan calon agar mengedepankan integritas dalam berkampanye dengan tidak melanggar batasan-batasan yang sudah ditetapkan.

“Bagaimana caranya untuk sama-sama menaati peraturan yang ada. Jadi jangan ada lagi pelanggaran nanti, karena kami berpedoman kepada aturan yang ada,” katanya.

Pada deklarasi kampanye damai kemarin, setiap pasangan calon diminta membanyakan puisi dan menyampaikan komitmennya dalam menjunjung kesantunan, demokrasi beretika, dalam partisipasinya pada Pilkada tahun ini. Kemudian agar lebih semarak dan terasa membahanan seantero kota, dilaksanakan pula pawai arak-arakan mobil hias dari masing-masing tim pemenangan yang diikuti oleh seluruh simpatisan dan juga kader-kader partai politik pengusung. (aya)

Update