Jumat, 19 April 2024

Sumur Air Tawar Sengiap Menambah Destinasi Wisata

Berita Terkait

Warga melihat keunikan sumber mata air yang berada di tengah danau air asin di kawasan Sengiap Pulau Kambing Natuna. F. Aulia Rahman/Batam Pos.

batampos.co.id – Pulau Natuna banyak menyimpan keunikan yang tidak kalah menarik. Berbagai keindahan alam terdapat di Natuna. Salah satunya sumur air tawar di tengah danau air asin di Sengiap Desa Pengadah.

Mata air tawar ini sudah menjadi sumur yang tidak pernah kering meski musim kemarau. Dimana beberapa aliran sungai di Natuna mengalami dampak kemarau. Uniknya lagi, di lokasi sumber mata air ini tetap tawar meski pengaruh pasang surut air laut.

Ketika air laut pasang, sumber mata air yang sudah seperti sumur dipenuhi air laut yang asin setinggi satu meter. Namun mata air tetap menyembur ke permukaan di antara pohon bakau yang tumbuh subur dihamparan danau yang dangkal.

“Airnya bisa diambil, meski saat air laut pasang. Karena semburan air tawarnya telihat dan bisa dipisahkan,” ujar warga setempat, Minggu (18/2).

Zaharudin seorang tohoh masyarakat di Natuna mengatakan, mata air Danau Sengiap sudah lama ditemukan dan berpotensi menjadi salah satu tempat unik di Natuna. Bahkan hamparan aliran Sungai Sengiap terdapat beberapa pulau pendukung sebagai pariwiata.

“Jadi di tengah-tengah aliran sungai, banyak pulau-pulau. Apalagi kawasan ini terdapat batu genting. Batu fenomenal itu sangat jarang. Tapi di sekitar sumber air tawar ini ditemukan batu genting itu,” sebut Zaharudin.

Saat ini danau di Sengiap dijadikan lokasi pemancingan ikan laut. Berbagai jenis ikan sengaja dipelihara kelompok masyarakat setempat. Direncanakan akan dibuka festival memancing di Danau Sengiap sebagai pendukung pariwisata di Natuna.(arn)

Update