Jumat, 29 Maret 2024

Batam Darurat Jalan Berlubang

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejumlah titik jalan di Batam mengkhawatirkan meski sudah ada perbaikan dan pelebaran jalan oleh Pemerintah Kota Batam. Dimana masih banyak titik jalan yang berlubang dan dinilai rawan kecelakaan.

Bahkan lubang besar masih terlihat di jalan protokol. Seperti yang terlihat di jalan Laksamana Bintan atau Simpang Gelael ke Underpass (Pelita, red). Terdapat belasan lubang menganga di tengah jalan. Diameter lubang pun cukup besar sehingga tak jarang pengendara, terutama roda dua menjadi korban.

Siatuasi jalan berlubang ini sudah sering dikeluhkan warga, namun belum ada respon dari pemerintah. Bahkan dari lubang yang awalnya kecil sekarang sudah menjadi besar.

“Kami sudah sering berkoar-koar di Medsos yang ada pemerintahnya juga agar didengar pemerintah. Namun sampai sekarang belum ada respon. Apa menunggu jatuh korban dulu,” terang Ramses warga Bengkong yang selalu menggunakan jalan tersebut setiap hari.

Menurut dia, situasi jalan tersebut harus segera diperbaiki, mengingat jalan itu juga kerap dilalui trailer dan mobil besar lainnya. Ia khawatir jalan berlubang itu nantinya makan korban dari pengendara karena tak bisa mengengendalikan laju kendaraan.

“Kalau dengar yang jatuh sering di kawasan itu. Lihat saja, lubangnya setiap hari makin besar dan itu berada ditengah jalan,” imbuh pria berusia 26 tahun ini.

Buruknya kondisi jalan juga dapat terlihat di kawasan Bengkong. Bahkan ada lubang besar yang hanya ditutupi kerikil. Yang lama-lama kerikil itu berserak keluar dan menjadikan jalanan licin.

“Ditambal pake kerikil aja, tapi tahannya sebentar. Jalan tersebut tetap berlubang bahkan membahayakan pengendara karena kerikil bertebaran dimana-mana,” ujar Ramses lagi.

Kondisi jalan berlubang juga terlihat di depan Kawasan Industri Batamcenter. Lubang cukup besar menganga ditengah jalan dan selalu menganggu pengendara yang melintas. Bahkan pengendara kerap memelankan laju kendaraan karena lubang tersebut.

Sementara, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad tak bisa menjawab banyak terkait banyaknya jalan berlubang di Batam.

“Coba tanya ke pak Yu (Yumasnur) langsung, dialah yang lebih paham,” ujar Amsakar, kemarin .

foto: cecep mulyana / batampos

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM-SDA) Kota Batam, Yumasnur mengatakan jalan berlubang yang tersebar di beberapa ruas jalan seperti yang terjadi di Jalan Laksamana Bintan atau arah Batam Center menuju Sungaipanas, Costarina, hingga jalan Orchard Boulevard perlahan akan diperbaiki.

“Jalan itu milik provinsi, nanti akan kami koordinasikan,” kata dia, Selasa (19/2).

Yumasnur menambahkan, untuk jalan Laksamana Bintan tahun ini akan dilakukan pelebaran juga, otomatis jalan yang rusak tersebut juga akan diperbaiki.

Ia menyebutkan ruas jalan tersebut merupakan salah satu jalan yang padat dilalui kendaraan. Saat ini pengerjaan jalan tengah berjalan, dia berharap dalam waktu dekat ini jalan berlubang bisa segera diperbaiki.

“Kami cek dulu, kalau bisa dikerjakan cepat kenapa tidak,” imbuhnya.

Untuk jalan lainnya yang berada di bawah tanggung jawab provinsi. Selain pembangunan jalan, pihaknya juga akan memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Sebelumnya, DBM-SDA juga telah menambal jalan berlubang yang ada di Green Land, Batamcenter.

“Bertahap permasalahan ini akan kami selesaikan,” ujarnya.

Pantauan Batam Pos di jalan Laksamana Bintan, jalan berlubang menyebabkan pengendara harus berhati-hati. Lubang yang menganga bisa mengancam pengendara yang melalui jalan tersebut. (yui/she)

Update