Selasa, 16 April 2024

KIA Dapat Dicetak Satu Hari Kerja

Berita Terkait

Agus memperlihatkan KIA yang sudah dicetak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Anambas, Senin (19/2). F. Syahid/Batam Pos.

batampos.co.id – Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Anambas Agus Riadi, mengatakan, pecetakan Kartu Identitas Anak (KIA) bisa dilakukan satu hari kerja, asalkan data yang diajukan setiap masyarakat atau pemohon lengkap.

Menurutnya, KIA yang telah dicetak sebanyak 3.500 anak di Kabupaten Kepulauan Anambas. Ia juga telah menyampaikan kepada seluruh masyarakat melalui camat agar dapat segera menggurus KIA tersebut sebagai identitas yang sah berdasarkan undang-undang.

“Kita pastikan pelayanan cetak KIA bisa selesai cetak hanya butuh waktu satu hari jam kerja. Semua yang diajukan ada sekitar 3500 anak semua sudah selesai dicetak jadi saat ini anak-anak di Anambas sudah memiliki KIA,” ujarnya Senin (19/2).

Ketika ditanya terkait Surat Keterangan (SUKET) sebagai peganti elektronik KTP bisa digunakan untuk memilih suara, katanya bisa digunakan sesuai dengan permintaan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Suket tersebut harus memiliki Balkotnya.

Diakuinya, DisdukCapil Anambas membuat kebijakan terkait tentang kepemilikan Suket ada dua versi, yakni cetak yang ukuran kecil dan selembar kertas panjang. Ukuran Suket yang kecil tidak memiliki balkot, sedangkan ukuran besar ada balkotnya. “Suket yang ukuran besar yang ada balkotnya digunakan untuk pendaftaran di KPU dalam memilih suara,” terangnya.

Lanjutnya, pelayanan percetakan KIA, Akta Kelahiran bisa dikatakan sudah maksimal dan untuk E-KTP memang masih ada kendala sebagian disebabkan sistem aplikasi di Kementerian Kependudukan di Pemerintah Pusat, artinya bukan tidak bisa mencetak E-KTP namun perlu menunggu sistem dan jika diterima saat data dikirim pihaknya langsung melakukan percetakan E-KTP. “Soal cetak E-KTP tetap kita terus layani, jelang dicetak kita keluarkan Suket untuk digunakan sementara,” tuturnya. (sya)

Update