Sabtu, 20 April 2024

Panen 6,7 Ton Gabah, Petani Untung Rp 42 Juta

Berita Terkait

Bupati Bintan Apri Sujadi saat panen padi di Kampung Poyotomo, Desa Sri Bintan Kecamatan Teluk Sebong, Bintan, Senin (19/2) sore. F. slamet/batam pos

batampos.co.id – Setelah kelompok tani di Kecamatan Toapaya, giliran kelompok tani di Kampung Poyotomo, Desa Sri Bintan Kecamatan TelukbSebong, Bintan berhasil melakukan panen padi, Senin (19/2) sekitar pukul 15.00 sore.

Dalam panen yang memanfaatkan lahan lebih kurang 2 hektare itu, menghasilkan gabah sebanyak 6,72 ton. Dari panen itu, kelompok petani tersebut memperoleh keuntungan sekitar Rp 42 juta.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, dirinya melihat potensi pertanian padi di Bintan yang sangat luar biasa. Terlebih didukung potensi alam seperti waduk. Oleh karena itu ke depan dirinya bertekad untuk lebih mengembangkan pencetakkan sawah di Kabupaten Bintan.

Kepala BPTP Balitbang Kepri mengatakan, gabah yang dihasilkan sekitar 6,7 ton per hektare setelah ditanami bibit padi jenis Invara 5 serta 2. Karena dalam masa 115 hari untuk bibit padi Invara 5 sudah panen, sedangkan dengan ditanami bibit padi Invara 2 dalam masa 127 hari.

Ia menjelaskan, dengan hasil gabah 6,7 ton, maka beras yang dihasilkan sekitar 3 ton. Saat ini, nilai jual beras di tingkat petani sekitar Rp 12 hingga Rp 13 ribu per kilogram, maka untuk penjualan padi dalam satu hektare sekitar Rp 36 juta.

“Biaya operasional sekitar Rp 15 juta, itu sudah dari awal hingga panen. Jika dikurangi Rp 36 juta, maka keuntungan petani sekitar Rp 21 juta. Jika 2 hektare maka dikalikan 2 menjadi Rp 42 juta,” kata dia ditemui usai acara.

Dengan keberhasilan ini, ia akan mengembangkan 6 hektar untuk lahan pertanian padi, di mana 2 hektare untuk bibit dan 4 hektare untuk percontohan. “Target kita di kawasan ini menjadi 12 hektare,” tukasnya.

Danramil Bintan Utara Kapten TH Prabowo mengatakan, pihak Kodim 0315 Bintan akan siap membantu menyukseskan program pemerintah ini, tentunya dengan menerjunkan personel Babinsa dan Kodim 0315 Bintan untuk melakukan pencetakkan sawah di Kampung Poyotomo.

“Kami bersama petani siap menyukseskan program ini, terlebih target ke depan akan dikembangkan 12 hektar petak sawah di sini,” tukasnya. (met)

Update