Jumat, 29 Maret 2024

Pemko Batam Ajukan Hibah Tanah 119 Persil kepada BP batam

Berita Terkait

Pengendara sepeda motor melintasi lahan kosong di Kelurahan Seibinti, Sagulung
Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Selama tahun 2017, Pemko Batam telah mengajukan permohonan hibah lahan sebanyak 119 persil kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam. Diantara permohonan hibah tersebut, Pemko Batam mengajukan sembilan persil untuk membangun sekolah.

“Untuk sekolah, ada sembilan persil yang diajukan. Paling banyak mengajukan permintaan untuk bangun sekolah SMA,” kata Kepala Bagian Administrasi dan Informasi Lahan Kantor Pengelolaan Lahan BP Batam, Yarmanis, Senin (19/2).

Peruntukan beserta lokasinya antara lain SD Negeri (SDN) di Buliang Batuaji seluas 4000 meter persegi, SDN di Sei Pelenggut Sagulung seluas 4000 meter persegi, SDN di Belian Batamkota seluas 4000 meter persegi.

Lalu SMP Negeri (SMPN) di Sei Binti Sagulung seluas 6.000 meter persegi, SMPN di Kabil Nongsa seluas 6000 meter persegi, SMA/SMK di Sei Jodoh Batuampar seluas 10.000 meter persegi, SMA/SMK di Tanjunguncang Batuaji seluas 10.000 meter persegi, SMA/SMK di Seibinti Sagulung seluas 10.000 meter persegi dan SMA/SMK di Tanjungbuntung Bengkong seluas 10.000 meter persegi.

“Untuk sekolah diurus sama Dinas Pendidikan,” imbuhnya.

Disamping sekolah, Pemko juga mengajukan 36 persil untuk membangun kantor kelurahan di seluruh penjuru Batam dengan total luas mencapai 72.000 meter persegi. Dan juga delapan persil untuk membangun kantor kecamatan dengan total luas lahan 32.000 meter persegi. Untuk pembangunan kantor aparatur pemerintahan ini, Pemko menyerahkannya kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga mengajukan empat persil untuk pembangunan puskesmas dan puskesmas pembantu dengan total luas lahan 12.000 meter persegi. Lokasinya ada di Baloipermai Batamkota, Tembesi Sagulung, Tibanindah Sekupang dan Teluktering Batamkota.

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat juga meminta hibah persil seluas 200.000 meter persegi di Temiang untuk bangun taman pemakaman umum (TPU).

Lalu Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Pemko juga meminta hibah lima persil untuk dibangun rusunawa. Total luas lahan mencapai 250.000 meter persegi. Lokasinya antara lain di Mukakuning Seibeduk, Tanjunguncang Batuaji, Kabil Nongsa, Tanjungsengkuang Batuampar, Sagulung Kota Sagulung.

Dinas Tenaga Kerja juga berencana membangun kantor baru di Tanjungpinggir Sekupang dengan luas lahan 8000 meter persegi dan balai latihan kerja di Batubesar Nongsa seluas 10.000 meter persegi.

Kemudian Dinas Kepemudaan dan Olahraga yang meminta hibah dua persil untuk dibangun gedung olahraga dan lapangan bola dengan total luas lahan mencapai 60.000 meter persegi. Lokasinya ada di Baloipermai Batamkota dan Seilangkai Sagulung.

Selanjutnya, Dinas Pemadam Kebakaran juga ingin membangun pos damkar baru di Belian dengan total luas lahan 10.000 meter persegi.

Dan terakhir Dinas Lingkungan Hidup yang meminta 20 persil di wilayah ROW jalan untuk dilakukan penghijauan. Hingga berita ini diturunkan, BP Batam masih dalam tahap evaluasi permohonan hibah sebelum bisa mengambil keputusan.

“Untuk saat ini prosesnya tengah berlangsung dan akan berkoordinasi dengan Pemko dan dinas-dinas terkait,” pungkasnya.(leo)

Update