Sabtu, 20 April 2024

Mensyukuri 11 Tahun Hati Baru

Berita Terkait

Mumpung hari itu ke laboratorium, saya “titip” untuk sekalian dites kadar tacrolimus saya. Agar seminggu lagi tidak perlu ke laboratorium hanya khusus untuk itu. Itulah tes untuk melihat apakah kerjasama antara hati orang yang sudah 11 tahun di dalam tubuh saya itu masih baik.

Hasilnya membuat saya terperangah. Untuk pertama kali dalam 11 tahun hasilnya begini: < 2. Berarti tidak sampai 2.
Padahal bulan-bulan sebelumnya atau tahun-tahun sebelumnya selalu antara 2,3 sampai 3,5. Bahkan tahun-tahun awal setelah transplant hati dulu angka itu sekitar 5.

Pertanda apa itu? Saya tidak tahu. Saat hasil laboratorium itu masuk ke email saya, hari lagi hujan. Tidak deras tapi cukup membahagiakan. Terutama bagi yang percaya hujan di malam tahun baru Imlek menandakan tahun yang baik.

Bagi saya malam tahun baru Imlek itu seperti mengaduk-aduk rasa. Saya sangat bahagia saat melihat tidak ada indikasi munculnya kanker. Seperti dapat angpao segebok. Tapi langsung kaget manakala melihat hasil tacrolimus yang <2. Menurut standar laboratorium harusnya antara 5 sampai 7.

Di bidang tacrolimus, laboratorium tidak bisa mendeteksi kalau hasilnya kurang dari 2. Jadi dengan <2 saya tidak tahu apakah itu berarti 1,5 atau 1 atau 0,5.

Ini benar-benar mengagetkan. Belum pernah terjadi seperti ini selama 10 tahun saya memiliki hati baru.

Apakah ini pertanda kerjasama antara badan saya dan hati milik pemuda Tianjin itu mulai bermasalah? Akibat aorta dissection dan pengobatannya?

Saya ingin segera menghubungi dokter saya di RS Tianjin, Tiongkok. Saat itu juga. Tapi mustahil. Itu malam tahun baru. Yang di Tiongkok ditandai dengan libur 2 minggu. Yang 450 juta orang berebut mudik.

Saya pun langsung kontak teman baik saya, Robert Lai, di Singapura. Sekalian mengucapkan 新年快乐。 Selamat tahun baru. Robert akan meneruskan fakta baru itu ke RS Tianjin yang dulu mengganti hati saya.

Robert juga tahu di malam tahun baru Imlek orang Tiongkok pada mudik. Bahkan saat saya kontak itu Robert juga lagi siap-siap merayakan Imlek bersama keluarganya.

Saya pun tidak berharap akan mendapat tanggapan dalam waktu tiga hari ke depan.

Seperti yang sering saya tulis, hati (liver) yang ada di tubuh saya sekarang ini adalah milik seorang anak muda yang meninggal dunia mendadak. Saat dia, waktu itu, berumur 21 tahun. Berarti saat ini umur hati saya 32 tahun.

Hati baru itu oleh tubuh saya tetap dianggap benda asing. Yang harus ditolak. Tidak boleh diterima oleh sistem tubuh saya. Tiap hari tubuh saya berusaha menolak hati baru itu.

Tapi tidak berhasil. Itu karena saya selalu minum obat tacrolimus. Yang fungsinya melemahkan daya tolak tubuh saya.

Kalau saja saya lupa minum obat itu daya tolak tubuh saya menguat. Hati baru itu akan berhasil ditolak. Kalau hal itu sampai terjadi hati itu tidak mau berfungsi. Artinya: meninggal.

Karena itu tiap bulan saya harus ke laboratorium untuk memeriksakan level daya tolak tubuh saya. Level yang dianggap baik adalah 5 sampai 7.

Kalau hasil laboratorium menunjukkan angka di atas 7 saya harus waspada. Harus ada penyesuaian obat. Pernah level tacrolimus saya mencapai 9. Saya panik. Langsung terbang ke Tianjin.

Di malam tahun baru Imlek kemarin, level tacrolimus saya justru sebaliknya. Di bawah 2.

Saya betul-betul tidak tahu harus berbuat apa. Mau langsung terbang ke Tianjin di sana hiruk-pikuknya masih luar biasa. Arus baliknya pun tidak tertahankan.

Saya harus sabar satu-dua hari ini. Sambil terus berusaha kontak-kontak yang belum juga berhasil.

Saya jelajah internet. Tidak membantu. Di balik kegelisahan itu saya tawakkal saja. Siapa tahu ada keajaiban Allah: hati baru itu justru sudah diterima secara permanen oleh badan saya.

Tidak akan ditolak-tolak lagi oleh badan saya. Karena toh sudah 11 tahun terbukti berhasil bekerjasama secara baik.

Tapi, dalam sejarah transplantasi hati tidak begitu. Tidak ada kejadian seperti itu. Walllahualam. Berarti saya harus segera lari ke Tianjin. Sambil menunggu redanya arus mudik dan arus balik.

Yang membuat saya tidak terlalu panik adalah: hati saya ini berfungsi dengan sangat baik. Tandanya: level SGOT dan SGPT saya (19 dan 19) sangat-sangat baik.

Saya bersedia membagi copy hasil laboratorium terbaru saya itu ke mahasiswa kedokteran. Atau kepada yang lagi mendalami spesialis bidang ini. Atau pada peneliti kesehatan.

Silakan ajukan permintaan ke alamat email disway.id ini: likedisway@gmail.com. Satu copy hasil lengkap tes darah saya akan dikirim ke email Anda.

Atau, karena Gramedia akan menerbitkan catatan saya ini dalam bentuk buku, copy hasil test tersebut bisa di dapat di situ karena akan dilampirkan di dalam buku.

Alhamdulillah ya Allah hidupku penuh dinamika dan warna. Saya terima dengan sepenuh syukur.

(selesai)

 

Oleh Dahlan Iskan

Update