Jumat, 29 Maret 2024

Warga Minta Perbaikan Jalan Pemukiman Bidaayu

Berita Terkait

batampos.co.id – Kondisi jalan pemukiman di pintu satu, dua dan tiga, Mangsang, Seibeduk sangat memprihatinkan. Puluhan lubang dengan diameter 15 hingga 30 centimeter dengan kedalaman lima centimeter menganga di jalan tersebut. Pantauan Batam Pos, sejumlah pengendara roda empat maupun roda dua harus berhati-hati saat melewati, terlebih saat musim hujan.

“Jalannya licin, kondisinya juga agak menurun, sehingga kita benar-benar harus berhati-hati,” ujar Dwi, warga Bidaayu, Mangsang, Selasa (20/2).

Dwi mengatakan jalan tersebut merupakan salah satu jalan alternatif untuk bisa sampai ke Perumahan Puriagung dan Bukit Kemuning. Karena peristiwa longsor di jalan Bukit Kemuning yang terjadi beberapa tahun yang lalu, banyak warga setempat menggunakan jalur ini untuk sampai ke perumahan mereka.

“Sangat ramai. Apalagi saat pagi dan sore hari,” katanya.

Oka, penjual parfum di jalan tersebut juga mengaku pengendara yang lewat cukup kerepotan, apalagi saat musim hujan berlangsung. “Genangan ada dimana-mana. Pengendara yang tidak tahu pasti terjatuh,” ujarnya.

Kondisi jalan rusak ini sudah terjadi selama bertahun-tahun. Warga setempat pernah menyampaikan masalah tersebut dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Namun, hingga kini, permintaan perbaikan tersebut belum terealisasi.

“Sampai saat ini nggak ada tanggapan. Padahal kerusakannya sangat parah,” kata Indah, warga Bidaayu.

Ia menyampaikan harusnya jalan tersebut tidak rusak parah, karena kini pemerintah Kota (Pemko) Batam sedang gencar bangun infrastruktur, apalagi kini ada anggaran Percepatan Infrastruktur Kelurahan (PIK).

“Kondisinya sudah sangat parah. Rusak dimana-mana,” jelasnya.

Sebelumnya, Camat Seibeduk, Science Taufik Riyadi mengatakan, perbaikan jalan tersebut pernah disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) namun ia tak menampik hingga kini belum ada perbaikan karena tergantung prioritas di Musrenbang tingkat kota.

“Kalau di Seibeduk pasti kita tampung semua. Semua permasalahan akan diusulkan tapi tergantung realisasi,” katanya beberapa waktu lalu. (une)

Update