Jumat, 29 Maret 2024

Arumi Dirawat di Tanjungbatu

Berita Terkait

 Rahmadi. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – orang tua Arumi, balita yang berusia 11 bulan yang ditemukan oleh tim medis ketika turun ke lapangan mengalami gizi buruk di Tanjungbatu akhirnya bersedia anaknya dirawat agar dapat dapat dipulihkan gizi buruknya dan diketahui apa penyebabnya.

”Pekan lalu orang tua dari Arumi tidak bersedia anaknya yang mengalami gizi buruk untuk dirawat di RSUD M Sani. Orang tua arumi memiliki anak-anak yang masih kecil dan suaminya bekerja. Sehingga, jika Arumi harus dirawat di rumah sakit, maka tidak ada yang menjaga anaknya yang lain. Itu salah satu alasan penolakan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi, Rabu (21/2).

Kemudian, kata Rahmadi, tim medis melaporkan hal ini kepadanya dan dicarikan solusinya agar Arumi bisa mendapatkan perawatan secara intensif. Akhirnya, ditawarkan kepada orang tua Arumi untuk dirawat di Puskesmas Tanjungbatu. Dengan solusi ini, orang tua bayi gizi buruk bersedia untuk merawat anaknya. Dan, sejak Selasa (20/2) Arumi sudah masuk ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan.

”Laporan yang kita terima dari tim medis yang saat ini sedang menangani Arumi menyebutkan bahwa hasil diagnosa diketahui bahwa Arumi mengalami alergi susu. Hal ini diketahui ketika Arumi menangis dan harus mendapatkan susu formula. Ketika diberikan susu formula, maka kulit badannya menimbulkan gangguan. Artinya, susu formula tidak bisa diberikan. Sehingga, saat ini susu yang diberikan dalam bentuk kacang kedelai,” jelasnya.

Dikatakan Rahmadi, sejauh ini hasil diagnosa tim medis belum menemukan adanya penyakit lain yang menyebabkan Arumi mengaolami gizi buruk. Melainkan hanya alergi susu. Akibat dari kurangnya mendapatkan susu dan juga alergi, maka menyebabkan pertumbuhan Arumi terganggu serta mengalami gizi buruk.

Untuk itu, saat ini tim medis fokus untuk memberikan susu yang terbuta dari kacang kedelai sampai alerginya bisa hilang. Dan, ini butuh waktu berbulan-bulan, karena terus dilakukan observasi terkait perkembangannya. (san)

Update