Selasa, 16 April 2024

Perempuan Berperan Besar Membentuk Keluarga Sehat Sejahtera

Berita Terkait

Sulfanow Putra, legislator DPRD Karimun ketika memberikan kata sambutan di acara pemantapan peranan perempuan menuju keluarga sehat sejahtera. F. Tri Haryono/Batam Pos.

batampos.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP, KB, PP dan PA) Karimun, mengadakan pemantapan peran perempuan menuju keluarga sehat sejahtera yang diikuti 75 peserta dari kalangan ibu rumah tangga, kader posyandu, unsur masyarakat di Tanjungbalai Karimun.

Dalam kesempatan tersebut, anggota DPRD Karimun Sulfanow Putra mengatakan, pentingan peranan perempuan dalam membentuk keluarga sehat sejahtera yang secara otomatasi bisa membentuk kepribadian terhadap anak-anaknya.

“Berdasarkan hasil pendataan keluarga sejahtera tahun 2009 lalu, menunjukkan hampir setengah keluarga Indonesia 46 persen terkategori belum sejahtera. Ini berarti, rata-rata kaum perempuan dalam suatu keluarga memutuskan untuk berkarir, untuk membantu kehidupan perekonomian keluarga,” kata legislator PDIP Sulfanow Putra, kemarin (21/2).

Dengan pemantapan ini, diharapkan dapat meningkatkan peranan perempuan dalam keluarga menuju keluarga sehat sejahtera. Walaupun sekarang emansipasi perempuan, kesetaraan gender dan sebagainya sudah tidak dipandang sebelah mata. Tapi, secara umum perenan perempuan disegala bidang sudah diperhitungkan zaman sekarang.

“Yang jelas jangan lupa terhadap kodrat seorang perempuan. Artinya, peranan perempuan dalam membangun keluarga sejahtera dikatakan berhasil apabila ada kerjasama antara keluarga mulai dari suami dan anak, serta lingkungan keluarga,” ungkapnya.

Sementara itu Kasi PUG dan Pemberdayaan Perempuan Dinas PP, KB, PP dan PA Karimun, Kyushu Marina mengungkapkan, dalam rangka penyetaraan kaum perempuan harus terus dikembangkan. Termasuk istri dan ibu demi meningkatkan kualitas keluarga Indonesia.

Dimana, keluarga sejahtera adalah keluarga yang dibentuk atas perkawinan yang sah dan mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan material yang layak. Sehingga peranan seorang perempuan sebagai istri maupun ibu dari anak-anaknya, harus dapat membina dan mengembangkan keluarga yang menyangkut aspek, agama, pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, kemandirian keluarga dan ketahanan keluarga.

“Nah, melalui kegiatan ini agar bisa memberikan pemahaman kepada perempuan terutama ibu rumah tangga tentang indikator keluarga sejahtera. Nanti, bisa disampaikan kepada para ibu-ibu lainnya dalam membentuk suatu keluarga sejahtera,” ujarnya.

Masih kata Kyushu lagi, pihaknya menghadirkan narasumber dari yayasan Sayap Ibu Sofiar Fauzi dan Yayasan Kaseh Puan Edi Wasito, dengan memberikan pemaparan dan diskusi bagaimana membentuk keluarga sehat dan sejahtera. Yang juga dihadiri Kepala Dinas PP, KB, PP dan PA Karimun Faisal.

“Kita (Pemda Karimun-red), sebagai fasilitas untuk membangun keluarga sehat dan sejahtera kepada para kaum perempuan,” ungkapnya. (tri)

Update