Jumat, 29 Maret 2024

1 Mei Persoalan KTP Tuntas

Berita Terkait

Petugas merapihkan KTP warga yang sudah jadi.
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Wali Kota Batam Muhamamd Rudi menargetkan persoalan KTP Elektronik akan selesai Mei mendatang. Hal ini karena blangko di Kementrian Dalam Negeri dijamin ketersediaannya.

“1 Mei sudah harus clear semua, kami terus berpacu menyelesaikan persoalan ini,” terang Rudi.

Lanjut Rudi, kini Pemko Batam melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batam tengah gencar menerapakan sistem penyelsaian persoalan KTP Elektronik per kecamatan. Sejauh ini, kata dia, cara ini efektif, empat kecamatan diklaim sudah tuntas yakni Belakangpadang, Bulang, Galang dan Batuampar.

“Sekarang sudah dua hari masuk Batam Kota. Selanjutnya di Sagulung nanti,”ucap dia.

Ia menyampaikan, targetnya tersebut bukan tanpa alasan. Karena, Mendagri Tjahjo Kumolo meyampaikan tidak ada masalah soal blnagko, Pemerintah Daerah diminyta untuk tak segan mengajukan kebutuhan blangko.

“Pak menteri pun sudah ngomong kok. Terbukti memang ia, datang 10 ribu habis minta lagi datang lagi , sudah hampir dua bulan berjalan lancar,”paparnya.

Ditanya kenapa, tak diminta sekaligus sesuai kebutuhan 60 ribu blngko seperti catatan Disdukcapil, ia sampaikan mending bertahap supaya mudah dikontrol.

“Kalau 60 ribu nanti tak kerja , mending kasih 10 ribu kita kontrol, hingga betul-betul habi,”imbuhnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjamin ketersediaan blangko di kementrian yang ia pimpin.

“(Jika) kosong ambil saja, kalau alasannya habis enggak mungkin habis,” klaim Tjahjo di Batamcenter, Kamis (8/2) siang.

Untuk itu ia memastikan berapa pun kebutuhan daerah akan tercukupi. Bukan tanpa alasan, kepastian ketersediaan karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik merupakan dokumen penting yang harus dimiliki setiap warga negara.

“Saya kira tak ada masalah soal blangko e KTP,” ucapnya. (adi)

Update