Jumat, 26 April 2024

Pendaftaran Calon Anggota KPUD Kota/ Kabupaten, Dibuka

Berita Terkait

Ilustrasi

batampos.co.id – Tim seleksi (Timsel) pendaftaran anggota KPU Kabupaten/kota se Kepri membuka pendaftaran anggota KPU untuk periode 2018-2023 mendatang.

Ketua Timsel, Razaki Persada mengatakan pendaftaran akan dibuka 23 Maret. Untuk Batam sendiri dibutuhkan lima anggota KPU karena sesuai dengan jumlah penduduknya yang di atas satu juta jiwa.

Ia menyebutkan berdasarkan aturan untuk menjadi anggota KPU, mereka harus memenuhi beberapa syarat di antaranya, WNI dengan usia minimal 35 tahun dan setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

Serta memiliki integritas, jujur, adil, dan memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu. Calon pendaftar juga harus berdomisi di wilayah Kepri, hal ini dibuktikan dengan kepemilikan e-KTP. Selain itu pendaftar juga tidak pernah dipenjara karena tindak pindana.

Mereka yang mendaftar nanti akan melalui serangkaian tes seperti tes tertulis, kesehatan, hingga wawancara.

“Tesnya sudah berbasis komputerisasi, jadi usai menjawab mereka bisa melihat langsung hasilnya,” imbuhnya.

Razaki mengungkapkan, setelah menyelesaikan serangkaian tes tersebut. Timsel akan mengirimkan nama calon anggota KPU terbaik untuk dikirimkan ke KPU pusat.

“Sesuai dengan ketentuan jumlah nama-nama yang dikirim berjumlah dua kali lipat dari yang dibutuhkan. Seperti Batam butuh lima jadi ada 10 nama yang akan kami kirim nanti, untuk selanjutnya dites oleh KPU pusat,” bebernya.

Untuk Batam sendiri, masa jabatan anggota yang sekarang aktif akan berakhir pada Juni mendatang.

“Paling lambat April sudah ada penggantinya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Batam Agus Setiawan mengatakan tahun ini dia berencana untuk pindah ke KPU provinsi.

“Nanti akan ada ketua baru untuk periode selanjutnya,” sebut dia.

Informasi yang diterimanya, pendaftaran untuk Kabupaten/kota akan dibukan Maret mendatang. Disisa masa jabatan ini dia berusaha menyelesaikan tugas menjelang pemilihan legislatif April 2019 mendatang.

“Berakhirnya baru Juni mendatang,” tutupnya.(yui)

Update