Kamis, 25 April 2024

Jalan Bergelombang dan Lubang Ganggu Berkendara

Berita Terkait

Jalan rusak terlihat di jalan Bunga Raya Baloi, Senin (26/2). Jalan rusak bisa mengganggu para pengendara yang melintas dikawasan tersebut. | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kualitas jalan di Batam sepertinya layak dipertanyakan. Sebab, meski sudah diperbaiki, jalan kerap berlubang dan bergelombang.

Apalagi tak ada perbedaan jalur antara kendaraan biasa dan trailer. Dimana trailer atau truk diduga menjadi penyebab jalanan di Batam rusak.

Kondisi jalan rusak seperti banyaknya gelombang dapat dirasakan pengendara yang melintas di jalan Seraya Atas. Apalagi posisi jalan bergelombang berada di pengkolan yang dapat membahayakan pengendara.

“Jalur itu sering ngebut, kalau tak tahu bisa jatuh. Gelombang jalannya cukup banyak. Apalagi jalur tersebut sering dilalui trailer-trailer besar,” terang Iwan warga Seipanas, kemarin.

Menurutnya sejumlah pengendara juga mengeluhkan kondisi jalan berlubang di depan Bengkong Aljabar. Ada belasan lubang menganga di jalur tersebut, mulai dari kecil hingga besar dan dalam.

“Kalau di jalan Bengkong Aljabar jangan ditanya. Sudahlah jalannya tanjakan, banyak lubang lagi. Pengendara juga kerap seenaknya memotong jalan dan yang sabar akhirnya masuk lubang,” jelas pria berusia 23 tahun ini.

Kondisi yang sama juga dapat terlihat di Jalan Bunga Raya, Baloi. Bahkan posisi jalan bergelombang itu sudah rusak dan berlubang sehingga bisa membahayakan pengendara. Pengendara yang paling riskan menjadi korban adalah pengendara sepeda motor.

“Pernah hampir jatuh disana, karena tak sadar ada gelombang. Waktu itu malam hari, gelombang jalannya tak terlalu keliatan,” imbuh Tommy, warga Baloi.

Sementara di kawasan Seipanas atau tepatnya jalan Laksamana Bintan jalan rusak masih ada, meski sudah sering dikeluhkan warga. Selain adanya jalan bergelombang, terdapat belasan titik lubang yang tersebar ditengah dan pinggir jalan. Mirisnya, jalan tersebut merupakan jalur protokol yang kerap dilalui wisatawan. (she)

Update