Sabtu, 20 April 2024

PMI Kewalahan Penuhi Stok Darah

Berita Terkait

batampos.co.id – Ketua Kepri Sosiality Tanjungpinang Rozali menyatakan, lebih dari 11 kantong darah per hari dibutuhkan untuk wilayah Tanjungpinang.

Memenuhi kebutuhan darah ini, lanjut Rozali, Relawan Donor Darah Kepri (RDSK) menjadi salah satu tim yang siaga memenuhi kebutuhan darah.

“Yang memerlukan kebutuhan darah akan didampingi. Hingga pasien mendapatkan golongan darah yang dibutuhkan,” tutur Rozali pada ajang donor darah di Kantor PMI kemarin.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Tanjungpinang Muhammad Saleh mengatakan, kebutuhan yang tinggi juga dikarenakan PMI Kota Tanjungpinang melayani kebutuhan darah untuk seluruh masyrakat Pulau Bintan. Serta memenuhi kebutuhan darah yang merupakan rujukan dari, Lingga, Karimun dan sebagainya. “Jika untuk memenuhi kebutuhan darah, kami sering kewalahan dilihat dengan tingginya permintaan,” kata Saleh.

Kaskus Regional Leader Kepri, Andri Sulaiman menuturkan, dengan melihat kebutuhan darah yang sangat banyak saat ini, kegiatan donor darah seperti ini harus giat dilaksanakan. Menurutnya, tidak hanya kaskus, semua lembaga dan organisasi bisa termotifasi atas apa yang dilakukan kaskus saat ini. “Organisasi lain juga harus sadar dan peduli akan kebutuhan darah kita saat ini, ayo ajak dan buat gerakan untuk donor darah,” ucapnya.

Ia juga memaparkan, jika hanya mengharapkan PMI kebutuhan darah untuk masyarakat saat ini tidak akan terpenuhi. Menurutnya permasalahan kekurangan darah saat ini dialami oleh seluruh PMI di Indonesia. Ia mengajak kepada seluruh masyarakat agar dapat melakukan donor darah dan jangan pernah takut untuk melakukan donor. “Ini Permasalahan nasional saat ini, Ayo kita semua rajin donor,” ajak dia. (aya)

Update