Kamis, 25 April 2024

Penerima PKH Harus Bisa Kelola Keuangan

Berita Terkait

Bupati Karimun Aunur Rafiq ketika menyerahkan bantuan sosial non tunai kepada penerima PKH tahap pertama. F. Dok Humas Pemkab Karimun.

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq, Selasa (27/2), menyalurkan bantuan sosial non tunai tahap pertama melalui Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama di gedung Nilam Sari Tanjungbalai Karimun. Sebelumnya, dilakukan test langsung kepada para penerima PKH dengan diskusi.

“Kita test dulu nih perima bantuan PKH. Hasilnya, cukup bagus rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia masih tetap ada,” kata Rafiq.

Bagi keluarga yang menerima PKH diharapkan, agar dapat mengelola keuangan di dalam keluarga. Sehingga, benar-benar dapat dirasakan manfaatnya terhadap bantuan dari Pemerintah. Seperti, untuk keperluan kesehatan, pendidikan, peningkatan gizi bagi yang memiliki balita dan sebagainya.

“Lumayanlah dananya. Kalau dikelola dengan baik, pasti bisa dinikmati bersama keluarga. Yang utama adalah, keperluan untuk pendidikan dan kesehatan,” pesannya.

Dan pada tahun 2019 mendatang, bagi penerima PKH direncanakan akan di sejalankan dengan pembagian paket sembako dari Pemkab Karimun. Artinya, selain mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat juga mendapatkan bantuan paket sembako dari Pemkab Karimun.

“Insyallah, bagi bapak dan ibu penerima PKH akan mendapatkan bantuan tambahan yang cukup lumayan dari kita (Pemkab Karimun-red),” tuturnya.

Sementara itu Plt kepala Dinas Sosial Karimun Syahruddin mengungkapkan total penerima PKH tahun 2018 mencapai 5.400 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Yang disalurkan secara bertahap yaitu empat kali, dimana tahap pertama, kedua dan tiga masing-masing menerima bantuan sebesar Rp 500 Ribu dan tahap terakhir atau ke empat hanya Rp 390 Ribu.

“Ini program dari kementerian sosial RI di tahun 2018, untuk kabupaten Karimun dari 5.400 KPM atau Rp 1.890 Ribu per Keluarga,” ucapnya.

Sedangkan, untuk wilayah pulau Karimun besar mencapai 542 PKH, yaitu kecamatan Karimun 45 orang, Meral 186 orang, Meral Barat 224 orang dan Tebing 87 orang.
“Alhamdulillah, bisa saya belanjakan untuk kebutuhan anak sekolah dululah,” kata salah seorang penerima bantuan. (tri)

Update