Jumat, 29 Maret 2024

Pesawat Komersil Akan Layani Anambas

Berita Terkait

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, (dua dari kanan) didampingi Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Amat Yani dan Kasatpel Bandara Letung Ariadi Widyawan saat berada di tower Lion Jakarta, Rabu (28/2).

batampos.co.id – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris bersama Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Amat Yani didampingi Kasatpel Bandara Letung Ariadi Widyawan menyambangi kantor penerbangan Wings Air dan Lion Air di Jakarta, belum lama ini.

“Mereka baru melakukan perundingan supaya maskapai tersebut dapat melayani penerbangan di Bandara Letung,” ungkap Kasatpel Bandara Letung Ariadi Widyawan kepada wartawan Rabu (28/2).

Dikatakannya, pesawat kedua maskapai tersebut sudah berada di Batam. Jika semuanya urusan sudah selesai, maka akan segera beroperasi dengan rute Letung-Tanjungpinang, Tanjungpinang Letung dan Letung-Batam, Batam-Letung.

Ditanya keberadaan pesawat perintis Susi Air, menurutnya sudah ada pesawat komersial melayani suatu bandara, maka pesawat perintis akan ditarik. “Kalau sudah ada pesawat komersial, pesawat perintis akan di tarik,” ungkapnya.

Menurut Ariadi tiket penerbangan kedua maskapai tersebut tidak boleh melebihi batas atas yang ditentukan Kementerian berdasarkan jam terbang pesawat dalam perjalanan.

“Meski pesawat komersial itu tidak disubsidi, diperkirakan lebih murah dari penerbangan di Bandara Khusus Matak. Kemungkinan sekitar Rp 800 ribuan,” ungkapnya lagi.

Dirinya menambahkan, saat ini transportasi lanjutan penumpang yang turun dari bandara Letung masih dipikirkan pemerintah daerah. Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas akan mengadakan kapal angkutan khusus yang akan dibuat tahun ini.

“Karena kapal tersebut belum jadi, maka sementara waktu, penumpang asal Tarempa maupun dari Kecamatan Palmatak masih mengandalkan ferry dari Tanjupinang-Anambas yang mampir ke Letung,” tandasnya. (sya)

Update