Kamis, 25 April 2024

Enam Pengrajin Karimun Membuat Suvenir Berbahan Timah

Berita Terkait

Enam pengrajin karimun dengan hasil karya yang terbuat dari timah. F. Dok Diskop Pemkab Karimun.

batampos.co.id – Usai mengikuti pelatihan piuter timah di Pangkal Pinang Bangka Belitung selama 21 hari, enam pengrajin asal Karimun membawa hasil karya mereka masing-masing.

”Bagus-bagus hasil karyanya. Kita tetap terus melakukan pembinaan bersama pihak PT Timah Tbk, walaupun sudah dilakukan pelatihan. Nanti, akan kita bangun workshop atau bengkel tempat pembuatan kerajinan tersebut,” kata Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, UKM dan ESDM Karimun M Yosli, kemarin (5/3).

Dilihat dari hasil karyanya, lanjutnya lagi tidak kalah dengan pengrajin yang sudah profesional. Ini menunjukan, pengrajin asal Karimun memiliki kemampuan dan kreatifitas.

”Anda bisa lihat sendiri hasilnya, cukup luar biasa rapih dan rata-rata kerajinan dibuat dalam bentuk miniatur yang ada di kabupaten Karimun,” ungkapnya.

Seperti tugu MTQ, plakat lambang Pemerintah Daerah, kapal dan sebagainya. Dengan demikian, Pemda Karimun nantinya untuk pembuatan plakat maupun suvenir bisa memesan kepada para pengrajin timah Karimun. Sedangkan, untuk bahan baku sendiri dari pihak PT Timah Tbk siap membantu berapa yang dibutuhkan bagi pengrajin tersebut.

”Jangan khawatir bahan bakunya tidak ada masalah. Yang penting, keenam pengrajin tersebut terus kita lakukan jalin komunikasi apa yang akan dibikin suvenir nanti. Supaya, bisa di pajang sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke Karimun,” ungkapnya.

Sementara itu Siswandi salah seorang pengrajin merasa berterimakasih atas pelatihan piuter timah. Sehingga, bisa menjadi modal keahlian untuk membuat suvenir-suvenir yang berbahan baku timah.

”Lumayanlah, bisa membuka lapangan kerja baru nanti. Paling penting adalah, bahan bakunya mudah didapat. Bisa kita bikan apa aja sesuai pesanan,” singkatnya.(tri)

Update