Sabtu, 20 April 2024

Pariwisata Kundur Belum Digarap Serius

Berita Terkait

Anggota DPD RI Hardi Selamet Hood tengah bersama camat Kundur Barat kanan dan Kades Sawang Selatan Sukiran saat meresmikan obyek wisata taman mangrove di Kundur Barat. F. Imam Soekarno/batampos.co.id

batampos.co.id – Anggota DPD RI, Hardi Selamet Hood mengaku prihatin melihat sektor pariwisata di Pulau Kundur, tidak digarap secara serius. Salah satu bukti, akses menuju objek wisata masih berupa jalan tanah.

Putera kelahiran Tanjungbatu ini pun meminta Pemerintah Karimun serius menggarap potensi wisata di Pulau Kundur. Mengingat, sejumlah objek wisata di pulau penghasil timah ini tidak kalah menarik dengan wilayah lainnya.

“Objek wisata itu harus dilengkapi dengan infrastruktur memadai. Baik akses jalan maupun fasilitas pendukung lainnya. Sehingga dapat memberikan kenyamanan serta memudahkan bagi wisatawan berkunjung di obyek wisata di Pulau Kundur tersebut,” tegas Hardi di sela meresmikan obyek wisata taman mangrove di Mangkuse desa Sawang Selatan Kecamatan Kundur belum lama ini.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Karimun harus memperhatikan masalah jalan serta menggarap sektor wisata dengan baik. “Jika pemerintah serius mengelola objek wisata di Pulau Kundur dengan baik, saya yakin bakal banyak menarik minat pengunjung,” tegas Hardi begitu yakin.

Hardi pun mengapresiasi inisiatif Kepala Desa Sawang Selatan Sukiran bersama masyarakat untuk merintis wisata taman mangrove. Meski menggunakan Dana Desa (DD), namun berhasil membangun jembatan dijadikan taman mangrove.
“Ini sangat luar. Selain menjadi objek wisata, juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Hardi Hood mengakui di Pulau Kundur sendiri banyak obyek wisata yang dapat dikembangkan dengan baik. Seperti Pantai Lubuk, Makam Keramat Bukit Gading di Kecamatan Kundur. Selain itu di Kecamatan Ungar juga memiliki objek wisata Batulimau, Batu Kemaluan.

Selanjutnya di Kecamatan Kundur Barat ada objek wisata Kota Virus, Selendang Delima. Kemudian ada Pantai Timun Desa Kundur, Pantai Asmara Dewi Kelurahan Sawang Kecamatan Kundur Barat, Pantai Gading Kecamatan Kundur, dan masih ada beberapa obyek wisata lainnya.

Data yang berhasil dihimpun, sejumlah objek wisata baru bermunculan di Pulau Kundur yakni wisata alam. DI antaranya Buket Patong Desa Teluk Radang Kecamatan Kundur Utara, Bukit Sritas Puncak Asmara di Desa Lubuk. Kedua objek wisata ini sendiri dirintis secara swadaya oleh pemuda dan masyarakat sehingga perlu perhatian pemerintah maupun dinas terkait. (ims)

Update